Ini Cara Memasak Daging dengan Sous Vide

Restoran Anda selalu sibuk? Cara memasak daging dengan saos vide ini bisa jadi solusinya. Saos vide yang disebut juga “under vacuum” ini merupakan cara memasak yang sangat efektif, serta dapat menghemat waktu dan biaya. Biasanya teknik ini diterapkan untuk hidangan daging seperti steak. Namun, bisa juga dipakai untuk bahan makanan lain seperti buah.

Cara memasak daging dengan saos vide ini umumnya dilakukan dengan memasukkan bahan makanan ke dalam kantong vakum yang tertutup rapat. Setelah itu, kantung tersebut direndam air dalam suhu yang dapat diatur sesuai keperluan Anda.

Meski terkesan sederhana dan mudah, cara memasak daging dengan saos vide membutuhkan ketelitian, terutama dalam mengontrol suhu yang tepat. Anda juga perlu memiliki pengetahuan teknis dasar untuk memasak aneka hidangan dengan teknik sous vide. 

Melalui artike ini, kami akan menyajikan berabgai informasi mengenai cara memasak daging dengan sous vide. Mulai dari peralatan yang harus dipersiapkan hingga cara memanfaatkan sous vide dalam berbagai jenis hidangan daging. Mari simak informasinya sebagai berikut.

Peralatan yang diperlukan untuk memasak daging dengan sous vide

Sebelum menerapkan cara memasak daging dengan sous vide, Anda perlu mengetahui peralatan apa saja yang diperlukan. Berikut adalah peralatan yang diperlukan untuk memasak daging dengan teknik sous vide.

  • Commercial vacuum sealer: Alat ini dipakai untuk mengemas daging sebelum ditempatkan di dalam bak air.
  • Immersion circulator: Alat ini berfungsi untuk membuat suhu air rebusan tetap stabil.
  • Kotak makanan plastik (tub penyimpanan): Alat ini digunakan untuk menampung air dan memasak daging.
  • Vacuum sealer bags: Kantong ini berguna untuk menampung beberapa bahan makanan.
  • Wajan: Fungsi alat ini dapat memberi efek bakar atau gorang pada hidangan daging Anda

Keuntungan menerapkan cara memasak daging dengan sous vide

Penerapan cara memasak daging dengan sous vide memiliki banyak keuntungan. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya.

Tidak perlu ditunggu ketika dimasak

Cara memasak daging dengan sous vide banyak disukai karena dapat memungkinkan Anda untuk meninggalkannya begitu saja ketika dimasak. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot berdiri sembari menunggui daging yang sedang dimasak.

Meski ditinggalkan dalam waktu lama, daging yang Anda masak akan tetap berada dalam suhu serupa dengan mempertahankan kualitas bahan dan teksturnya. Jadi, masakan daging Anda tidak akan overcooked. Inilah mengapa cara memasak daging dengan sous vide sangat cocok untuk bisnis kuliner yang sangat sibuk.

Menghemat waktu, tenaga dan biaya

Keuntungan lain dari menggunakan cara memasak daging dengan sous vide adalah meminimalisir penggunaan tenaga dan biaya. Pasalnya ketika memasak daging dengan teknik sous vide, Anda hanya memerlukan satu peralatan kecil sehingga energi yang dikeluarkan kompor atau oven tidak terlalu besar. 

Selain itu, cara memasak daging dengan sous vide juga dapat menghemat wktu. Pasalnya, daging yang telah dimasak dalam vacuum bag bisa disimpan di kulkas untuk kemudian di gunakan nanti. Anda hanya perlu menghangatkannya kembali bila ingin menyajikan daging tersebut.

Menjaga kehigenisan dagingSalah satu hal yang paling banyak dikhawatirkan para pemilik bisnis kuliner adalah adanya risiko kontaminasi silang pada makanan. Nah, cara memasak daging dengan sous vide ini bisa jadi solusinya.

Dengan periode waktu memasak yang lama, risiko kontaminasi silang pada daging dapat berkurang. Hal ini karena air dapat mempasteurisasi daging yang Anda masak pada suhu yang tinggi dan stabil.

Rasa daging jadi lebih enakKeuntungan terakhir dari cara memasak daging dengan sous vide terakhir adalah dari segi rasa. Teknik sous vide ini membuat segala nutrisi pada daging dapat bertahan lebih lama. Tekstur ‘juice’ alami juga akan terperangkap di dalam vacuum bag sehingga menimbulkan efek marinasi. Alhasil, rasa daging akan terasa makin lezat. Bahkan bisa lebih juicy dan moist ketimbang memasak dengan cara tradisional.

Cara memasak daging dengan sous vide

Setelah mengetahui peralatan dan keuntungannya, berikut adalah cara memasak daging dengan sous vide yang bisa Anda terapkan.

  1. Lumuri daging dengan berbagai bumbu, seperti lada hitam, garam, serta rosemary.
  2. Masukkan daging yang telah dilumuri bumbu ke dalam zipper lock. Tuangkan sedikit minyak zaitun dan bawang putih ke dalamnya lalu tutup hingga rapat.
  3. Masak air di wajan dalam jumlah cukup banyak. Kalau sudah, tuangkan air panas tersebut ke dalam cool box. Pastikan suhunya berada di kisaran 60º c - 62º c. Kalau suhunya terallu tinggi, tambahkan air dingin sampai suhunya kembali stabil.
  4. Taruh zipper lock berisi daging ke dalam cool box berisi air panas. Ingat, pastikan zipper lock bag benar-benar berada dalam kondisi kedap udara. Karena sedikit saja udara masuk ke dalam, daging tidak akan termasak dengan sempurna.
  5. Diamkan zipper lock bag sekitar 40 menit hingga 1-2 jam, tergantung pada ketebalan daging. Pastikan untuk menjaga suhu air agar tetap berada tepat di 60º c. Kalau suhunya turun, Anda bisa menambahkan air panas hingga suhunya kembali stabil.
  6. Kalau sudah 40 menit hingga 1-2 jam, buka zipper lock bag dan keluarkan daging di dalamnya.
  7. Kalau Anda ingin menyajikannya, panaskan wajan hingga berasap. Tambahkan butter atau minyak zaitun lalu masak daging sekitar 1-2 menit. Ingatlah untuk tidak membolak-balik daging terlalu sering. Cukup dibalik satu kali agar tidak terlalu cepat matang. Karena tujuan utama dari tahap ini hanya sekadar untuk membuat permukaan daging lebih bertekstur dan kecokelatan. 

Demikian informasi lengkap mengenai cara memasak daging dengan sous vide. Meski masih kurang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, teknik ini punya banyak keuntungan khususnya daam hal waktu dan tenaga yang digunakan. Kuncinya adalah pengetahuan dalam mengatur suhu daging yang dimasak agar tetap stabil.

Untuk memasak daging dengan sempurna, pastikan Anda juga menggunakan alat masak berkualitas terbaik. Solusinya, Anda bisa menggunakan kompor gas Mutiara Silver 120MV-AT dari Hock. 

Salah satu pilihan produk masak terbaik Hock ini didesain khusus agar dapat menghasilkan api biru besar maupun api lilin. Karena itulah, Anda bisa memasak daging dengan cepat dan merata, sekaligus hemat penggunaan gas.

Di sisi lain, bodinya dyang dibuat dari bahan Cold Roll Steel dengan lapisan powder coating membuatnya lebih tahan panas dan anti noda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk pesan kompor gas Mutiara Silver 120MV-AT dari Hock untuk memasak daging dengan teknik sous vide!