5 Solusi Atasi Dapur Bau Tak Sedap dan Banyak Serangga

Dapur bau tak sedap dan banyak serangga tentunya akan mengganggu kenyamanan memasak Anda. Bahkan hal ini berpotensi menjadi sarang penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Kalau tidak segera diatasi, aroma dan serangga tersebut bisa tersebar sampai ke ruangan lain. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Namun, bukan hal mudah untuk mengatasi dapur bau tak sedap dan banyak serangga. Terutama yang bersumber dari mengendapnya sisa makanan di bak cuci piring. Diperlukan cara khusus untuk mengatasi bebauan tak sedap dan serangga di tempat tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Solusi mengatasi dapur bau tak sedap dan banyak serangga

Berikut ini adalah beberapa solusi mengatasi dapur bau tak sedap dan banyak serangga yang bisa Anda terapkan.

Perhatikan ventilasi ruangan

    Cara pertama untuk mengatasi masalah dapur bau tak sedap dan banyak serangga adalah dengan memeriksa ventilasi ruangan. Karena ventilasi tersebut dapat menjadi jalur masuk dan keluar udara ke dalam dapur. Jadi, pastikan dapur Anda memiliki ventilasi yang baik supaya udara di dalamnya tetap sejuk dan menyegarkan. Misalnya dengan membuka jendela ketika memasak. Namun, hal ini bisa membuat serangga masuk ke dalam dapur.

    Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan cooker hood atau penghisap udara yang terpasang di atas kompor. Seperti Cooker Hood HH-S92S dari Hock yang dilengkapi dengan fllter karbon untuk menyaring udara kotor agar menjadi lebih fresh. Desainnya juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga serangga tidak mudah masuk ke dalamnya.

    Memanfaatkan rempah-rempah di dapur

      Metode lain untuk mengatasi dapur bau tak sedap serta banyak serangga adalah dengan memanfaatkan bumbu dan rempah-rempah yang ada di dapur Anda. Kayu manis dan cengkeh adalah pilihan sempurna untuk menerapkan cara ini.

      Cara penerapannya sangat mudah. Rebuslah batang kayu manis dan cengkeh di atas kompor untuk menutupi bau masakan yang masih tertinggal. Untuk memberi aroma menyegarkan, Anda bisa menambahkan kulit jeruk di dalamnya. Langkah sederhana ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan serangga di dapur. 

      Bersihkan tempat sampah sesegera mungkin

      Tempat sampah dapur selalu jadi masalah utama penyebab dapur bau tak sedap dan banyak serangga. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda langsung membersihkan tempat sampah tersebut setiap harinya. 

      Bersihkan bagian tempat sampah dengan menggunakan semprotan penghilang bau. Anda bisa membeli semprotan tersebut atau membuatnya sendiri dengan bahan alami. Jangan lupa untuk membersihkan juga kotoran yang menempel di atas kompor dan meja untuk mencegah timbulnya bebauan tak sedap di seluruh dapur.

      Menggunakan soda kue, cuka, atau bubuk kopi

      Cara sederhana lain untuk mengatasi dapur bau tak sedap dan banyak serangga adalah dengan menggunakan beberapa bahan tertentu yang biasa digunakan untuk memasak. Bahan-bahan tersebut antara lain cuka putih, bubuk kopi, atau soda kue.

      Tidak perlu ribet. Anda cukup menuangkan salah satu dari ketiga bahan yang telah disebutkan tadi ke dalam mangkuk. Kemudian tinggalkan mangkuk tersebut di bagian sudut ruangan dapur semalaman. Secara alami, cara ini akan menghilangkan bebauan tak sedap yang tersisa dan mencegah masuknya serangga ke dapur.

      Bersihkan saluran pembuangan secara rutin

      Kitchen sink atau wastafel dapur berisiko menyimpan berbagai kotoran yang dihasilkan dari aktivitas memasak dan mencuci piring. Karena itu, Anda perlu membersihkannya secara rutin, setidaknya setelah selesai memasak.

      Caranya dengan menuangkan secangkir garam dan soda kue ke bagian saluran pembuangan. Kemudian tuangkan teko berisi air mendidih dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, siram dengan air dingin untuk membersikan sisa-sisa kotoran yang tertinggal.

      Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan produk kitchen sink dari Hock yang mudah dibersihkan. Kitchen sink Hock dilengkapi dengan fitur selang pembuangan leher angsa/ odourless S-Pipe yang dapat mengurangi aroma tak sedap sekaligus menghindari masuknya serangga melalui sink.

      Ditambah lagi dengan avur yang mudah dibersihkan. Hal ini berkat basket filternya yang mudah dikeluarkan sehingga sisa makanan yang tertinggal di bawah bak setelah memasak atau mencuci bisa segera disingkirkan.

      Dapur bau tak sedap dan banyak serangga tentunya akan membuat siapa pun merasa tidak betah berada di dalamnya. Semoga lima tips di atas bisa membantu Anda menciptakan ruangan dapur yang bersih serta nyaman untuk memasak dan beraktivitas lainnya.