Pilihan Packaging Untuk Menjual Makanan Online

Ada banyak pilihan packaging untuk menjual makanan online yang bisa Anda temukan di pasaran. Memang dalam bisnis food & beverage, kemasan produk merupakan aspek penting yang harus diperhatikan seksama. Bahkan rasanya hampir tidak ada produk makanan yang dijual tanpa memakai kemasan.

Selain untuk wadah penyimpanan makanan, penggunaan packaging juga menjadi suatu branding untuk produk yang Anda jual. Dalam hal ini, Anda perlu memilih kemasan produk yang mudah untuk didistribusikan, disimpan, dikonsumsi, serta dapat meningkatkan nilai jual produk.

Perlu diingat bahwa pemilihan kemasan membutuhkan banyak pertimbangan. Artinya Anda tidak boleh sembarangan memilih. Banyak faktor yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari estetika, kesehatan konsumen, makanan, kepraktisan, hingga kemudahan pendistribusiannya. Apalagi saat ini bisnis makanan online dengan jasa food delivery mulai menjamur dan banyak diminati.

Tak perlu khawatir. Kami telah merangkum pilihan packaging terbaik yang bisa Anda terapkan untuk jualan makanan online. Setiap kemasan berikut punya keunggulannya masing-masing dalam menjamin keamanan makanan sampai ke tangan konsumen. Penasaran? Mari simak pilihannya dalam artikel ini.

Pilihan packaging untuk menjual makanan online

Setiap jenis makanan memerlukan pilihan packaging yang berbeda. Hal ini perlu diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan produk hingga sampai ke tangan konsumen. Supaya tidak salah memilih, berikut adalah pilihan packaging untuk menjual makanan online terbaik yang bisa Anda gunakan.

Paper bowl

Pilihan packaging untuk menjual makanan online yang pertama adalah paper bowl. Jenis kemasan ini cukup sering digunakan untuk menjual aneka makanan berkuah seperti mie ayam dan bakso, atau rice bowl.  

Sesuai namanya, pilihan packaging ini punya bentuk bulat layaknya sebuah mangkuk. Meski terbuat dari kertas, paper bowl punya ketahanan yang baik terhadap kebocoran. Jadi, air atau kuah di dalamnya tidak akan mudah tumpah atau meresap. Hal ini karena adanya lapisan plastik yang menyelimuti tiap sisi paper bowl.

Biasanya kemasan paper bowl dilengkapi dengan penutup berbahan plastik yang juga bisa menahan tumpahan. Selain membuat desain yang menarik, sebaiknya Anda juga menyertakan nama merchant serta kontak yang bisa dihubungi untuk meningkatkan brand awareness produk Anda.

Rice box

Seperti paper bowl, kemasan paper box juga punya sifat praktis serta tahan terhadap kebocoran. Bedanya, rice box hadir dalam bentuk menyerupai box yang sudah menyatu dengan tutupnya. Sementara tutup paper bowl dibuat terpisah dengan mangkoknya.

Dengan tutup yang menyatu bersama kemasan, rice box menjadi lebih higienis dan membuat makanan terjaga dari ancaman bakteri, kuman, hingga serangga. Umumnya wadah ini dipakai sebagai wadah makanan berminyak. Hal ini karena kemasannya yang telah dilaminasi sehingga mampu menahan minyak supaya tidak bocor atau tembus.

Kendati demikian, kemasan rice box lebih disarankan untuk wadah jenis makanan kering, misalnya nasi beserta lauk pauk kering agar lebih optimal. Pasalnya, rice box kurang dapat menahan cairan, terutama yang bersuhu panas.

Cup mika

Bagi Anda yang berjualan produk makanan basah seperti puding, salad, dan sebagainya, cup mika bisa jadi pilihan packaging untuk menjual makanan online terbaik. Jenis kemasan ini memiliki desain bermacam-macam, diantaranya mangkuk, kotak, dan sebagainya. Anda bisa menyesuaikan bentuknya dengan produk yang dijual.

Ukuran dari cup mika juga beragam. Mulai dari yang kecil hingga besar. Biasanya kemasan ini juga sudah dilengkapi ukuran mililiter. Jadi, Anda akan lebih mudah dalam menakar isinya. 

Snack box

Berniat jualan makanan ringan seperti jajanan atau cemilan secara online? Kemasan snack box bisa jadi pilihan tepat. Umumnya jenis packaging untuk menjual makanan online ini terbuat dari bahan sejenis kertas. Karena itulah snack box lebih disarankan sebagai wadah makanan ringan, seperti kue, roti, buah-buahan, dan sebagainya.

Penggunaan kemasan snack box biasanya untuk keperluan acara. Misalnya seminar, pengajian, dan lainnya. Harganya yang tergolong murah bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilihnya sebagai kemasan makanan.

Lunch box bento

Pilihan packaging untuk menjual makanan online yang terakhir adalah lunch box bento. Jenis kemasan makanan ini sangat tepat bagi Anda yang punya bisnis kuliner jenis bento atau bekal, seperti katering.

Berbeda dengan paper box atau rice box, lunch box bento punya ukuran yang lebih besar sehingga cukup untuk memuat aneka hidangan. Misalnya nasi, lauk, sayur, hingga buah. Di dalamnya sudah terdapat sekat pemisah sehingga tiap komponen tersebut tidak akan tercampur.  

Kemasan lunch box ini juga sangat aman untuk dibawa bepergian oleh konsumen. Jangan lupa untuk menerapkan desain box yang menarik, termasuk menempatkan logo, nama, serta kontak restoran Anda.

Itulah beberapa pilihan packaging untuk menjual makanan online. Pemilihan packaging yang sesuai dengan tipe makanan yang dijual haruslah diperhatikan oleh Anda yang menggeluti bisnis di bidang kuliner. Jangan lupa untuk memperhatikan desain, kualitas bahan, serta ukuran dari kemasan tersebut. Karena kemasan yang baik juga bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda.

Faktor lain yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk makanan Anda adalah pilihan menu yang disajikan. Selain itu, kualitas rasa juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen dalam memilih suatu produk.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan alat masak kualitas terbaik dalam membuat aneka sajian lezat untuk bisnis kuliner Anda. Salah satunya dengan menggunakan oven gas HO-GA103 dari Hock. 

Produk ini dirancang agar dapat memanggang segala jenis masakan, mulai dari kue, roti, ikan, ayam, hingga daging. Dengan temperatur oven, Anda dapat mengatur suhu dengan baik guna menghasilkan panggangan yang serupa. Dijamin konsumen tidak akan ragu untuk terus membeli produk makanan Anda. Yuk pesan oven gas HO-GA103 dari Hock untuk keperluan bisnis kuliner Anda!