Pilihan Ikan Yang Cocok Dengan Aneka Masakan

Ikan merupakan salah satu pilihan yang sering disajikan sebagai menu masakan. Sebagai negara maritim, Indonesia memang memiliki stok ikan yang melimpah, baik ikan air laut maupun tawar. Selain enak, ikan juga memiliki banyak manfaat. Pasalnya, ikan memiliki kandungan nutrisi protein serta asalm lemak omega 3 DHA dan EPA yang sangat baik bagi tubuh.

Dengan kelezatan rasa dan kaya manfaatnya, wajar bila ikan tidak kalah populer dari olahan daging ayam, sapi, maupun kambing. Apalagi kalau ikan tersebut dikresikan sekreatif mungkin sehingga rasanya makin nikmat. Mulai dari digoreng, dibakar, hingga dibuat berkuah.

Namun, ada beragam jenis ikan konsumsi yang bisa Anda temukan di pasaran. Tapi tak perlu khawatir. Kami sudah merangkum beberapa pilihan ikan yang cocok untuk aneka masakan sebagai referensi untuk Anda. Yuk, simak pembahasannya sampai tuntas.

Pilihan ikan yang cocok dengan aneka masakan

Dengan beragamnya jenis ikan di pasaran, seperti bawal, nila, lele, gurame, dan lain sebagainya, Anda mungkin akan merasa bingung dalam memilihnya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa pilihan ikan yang cocok dengan aneka masakan.

Ikan lele

Pilihan ikan untuk aneka masakan pertama adalah ikan lele. Jenis ikan air tawar ini sangat mudah dibudidayakan. Perawatannya pun juga tidak sulit. Karena itulah ikan lele dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada jenis ikan air tawar lainnya.

Ikan lele sangat mudah ditemukan pada berbagai resep masakan khas Indonesia. Salah satu yang paling umum adalah pecel lele. Menu pecel lele disajikan dengan cara digoreng hingga garing. Setelah itu, ikan lele akan disajikan bersama dengan lalapan sayur dan sambal tomat ulek.

Penyajian ikan lele lain yang tidak kalah populernya adalah dengan cara diasap kemudian dimasak bersama kuah santan atau diberi bumbu pedas. Menu ini sering disebut dengan nama mangut lele.

Ikan bawal

Seperti lele, ikan bawal juga termasuk jenis ikan air tawar konsumsi yang memiliki harga cukup murah. Ciri khas ikan ini terdapat pada bentuk badannya yang agak membulat dan berukuran sedang.

Ikan bawal memiliki duri yang cukup besar. Meski begitu, tekstur daging ikan ini terbilang agak kenyal. Biasanya ikan bawal diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Paling favorit adalah digoreng hingga garing. Karena bagian kulitnya akan jadi terasa renyah dan nikmat.

Ikan Tongkol

Selanjutnya adalah ikan tongkol. Jenis ikan air laut ini juga terbilang sangat mudah dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Sebenarnya ikan konsumsi ini memiliki ukuran sangat besar, sekitar 60 cm. Di pasaran, ikan tongkol biasa dijual dalam bentuk potongan atau utuh.

 

Berkat ukurannya yang besar, daging pada ikan tongkol jadi sangat banyak. Menariknya, duri yang terdapat dalam ikan tongkol terbilang besar sehingga membuatnya mudah dinikmati. Biasanya ikan tongkol diolah dengan cara digulai, bumbu balado, atau pindang.

Ikan Gurame

Pilihan ikan yang cocok dengan aneka masakan lainnya adalah ikan gurame. Mirip ikan tongkol, jenis ikan air tawar ini punya ukuran yang besar. Oleh sebab itu, ikan gurame kerap disajikan dalam potongan dua bagian atau utuh untuk makan bersama.

Selain ukurannya yang besar, ciri khas lain pada ikan gurame adalah bentuknya yang bulat pipih. Ikan gurame punya duri berukuran sedang yang terletak tepat di bagian tengah badannya. Biasanya ikan gurame sering diolah dengan cara digoreng, dibakar, gulai, hingga balado.

Ikan Nila

Kemudian ada juga ikan nila. Jenis ikan air tawar konsumsi ini terbilang merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia. Ikan nila hadir dalam dua varian, yakni ikan nila merah dan putih. Perbedaan keduanya hanya terdapat dari segi penampilan warnanya saja.

Sayangnya, ikan nila punya duri yang cukup besar. Alhasil, Anda mungkin akan sedikit kerepotan ketika mengonsumsinya. Beruntung, ikan konsumsi ini punya daging yang banyak. Ikan nila sering kali dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Selanjtunya ikan disaikan dengan lapapan dan sambal terasi atau sambal tomat ulek sesuai selera.

Itulah beberapa pilihan ikan yang cocok dengan aneka masakan. Pada dasarnya, Indonesia merupakan negara maritim sehingga memiliki stok ikan melimpah. Anda bisa memilih jenis ikan yang paling mudah dimasak atau sesuai selera.

Kompor gas Elegant Deluxe HP-201ED dari Hock hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin membuat aneka sajian ikan. Dengan nyala api biru besar, dijamin olahan ikan yang Anda masak akan matang secara cepat dan menyeluruh. Ditambah dengan penggunaan tatakan kompor berbahan aluminium tebal sehingga mudah dibersihkan selesai memasak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, masak bersama kompor gas Elegant Deluxe HP-201ED dari Hock.