Pertimbangkan 7 Hal ini Saat Memilih Antara Cloud Kitchen atau Dapur Rumah

Cloud kitchen sedang populer saat ini di kalangan pengusaha pemula di bidang kuliner yang berjualan secara online melalui aplikasi pesan antar seperti GoFood karena bisa menjadi alternatif daripada berjualan dari dapur rumah. 


Apa itu Cloud Kitchen? Sering juga disebut dengan istilah Ghost Kitchen atau Dapur Satelit, adalah suatu konsep baru di dunia bisnis kuliner dimana ada pengelola yang menyediakan suatu tempat yang dipersiapkan untuk penggunaan sebagai dapur dan disewakan ke beberapa pelaku usaha kuliner sekaligus. 


Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung dengan Cloud Kitchen dibandingkan hanya berjualan dari dapur rumah saja dan di antara lainnya adalah:


Anda bisa fokus pada hal yang terpenting

Sebagai pemilik usaha kuliner apalagi baru merintis pasti bisa menjadi sangat melelahkan karena harus mengurusi kebanyakan hal secara sendiri, dari pembelian bahan baku, mempersiapkan bahan baku, memasak, melakukan promosi, melakukan pembukuan dan masih banyak lainnya. 


Di Cloud Kitchen umumnya telah disediakan banyak fasilitas penunjang yang bisa meringankan beban para tenant seperti aktivitas promosi, manajemen order dan sebagainya. Sehingga, Anda bisa fokus pada yang terpenting dari bisnis kuliner yaitu memasak atau berkreasi untuk menghasilkan resep makanan yang bikin orang ketagihan. 


Bisa menghemat biaya promosi

Pada umumnya Cloud Kitchen sudah terdaftar langsung dengan berbagai aplikasi pesan antar dimana pesanan akan diterima oleh pengelola dan kemudian diteruskan ke Anda sebagai tenant untuk mempersiapkan pesanannya. 


Untuk meningkatkan popularitas dari cloud kitchen tersebut, biasanya pengelola sering bekerjasama dengan penyedia aplikasi untuk melakukan promo-promo khusus pesanan Cloud Kitchen tersebut. Sehingga, Anda bisa sedikit tenang bahwa ada pihak yang terus melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan transaksi. 


Terlebih jika Anda bergabung dengan Cloud Kitchen milik GoFood / Gojek yaitu Dapur Bersama GoFood, Anda otomatis akan bergabung langsung dalam ekosistem GoFood dengan jutaan pengguna dan pelanggan. 


Bisa berjualan di multi-platform sekaligus

Sebagian pengelola Cloud Kitchen sudah terhubung dengan beberapa platform pesan antar sekaligus seperti GoFood, GrabFood, Traveloka Eats dan Shopee Food. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot untuk mendaftarkan diri satu per satu di setiap platform yang bisa memakan banyak waktu. 


Sebelum bergabung sebaiknya Anda menanyakan secara detail fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh pengelola


Lebih hemat modal

Saat Anda hendak mengembangkan bisnis kuliner lebih besar, maka akan membutuhkan modal atau investasi yang terbilang mahal untuk membuat dapur yang kayak. Dengan bergabung di Cloud Kitchen, tentunya Anda akan menghemat biaya ini sehingga modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih bermanfaat seperti membuka cabang di Cloud Kitchen kota lainnya. 


Walaupun banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung dengan sebuah Cloud Kitchen, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan yaitu:


Kompetisi

Ibaratkan jika Anda berjualan makanan atau minuman di food court, akan ada banyak kompetitor langsung ke gerai Anda. 


Biaya Transport

Selain itu, karena bisa saja lokasi Cloud Kitchen jauh dari tempat tinggal Anda, perlu dipertimbangkan juga biaya transport sehari-harinya. 


Skema Pembayaran

Ada pengelola Cloud Kitchen yang membebankan biaya sewa tetap setiap bulannya, ada yang mengenakan biaya per transaksi atau kombinasi antara keduanya. Tentunya, Anda sebagai pemilik usaha bisa memilih skema mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 


Jika menggunakan skema bagi hasil per transaksi, mungkin akan lebih sesuai jika usaha Anda masih baru dan belum banyak dikenal sehingga bisa mengurangi resiko Anda untuk menanggung biaya tetap setiap bulannya. 


Jika Anda belum familiar, ada banyak penyedia cloud kitchen di kota-kota besar dan diantara lainnya adalah


Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk tetap membangun usaha kuliner Anda dari dapur rumah, Anda bisa mencoba kompor Hock berikut agar memasak bisa lebih hemat dan cepat Kompor Gas Hock Tekanan Tinggi Mutiara Pro 120 MPV, Kompor Gas Coran Low Pressure HC-101CL atau HC-102CL.