Atasi Kompor Tersumbat Dengan Cara ini

Bagi Anda yang sering memasak, tentu pernah mengalami masalah kompor tersumbat. Umumnya masalah ini dialami oleh pengguna kompor gas. Hal ini seringkali terjadi karena adanya tumpahan air, minyak, hingga sisa-sisa bahan makanan yang terperangkap di bagian tungku kompor atau faktor lainnya. Akibatnya, tungku api akan tersumbat sehingga api yang keluar tidak akan merata.

Kalau tidak segera ditangani, kompor tersumbat bisa jadi masalah serius yang dapat mempengaruhi proses memasak. Di mana aktivitas memasak akan terganggu karena nyala api yang kecil atau bahkan tidak keluar api sama sekali.

Namun, tak perlu khawatir. Karena masalah kompor tersumbat masih dapat diatasi dengan berbagai cara. Tidak melulu harus memanggil tenaga professional, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Penasaran seperti apa? Yuk simak informasi mengenai cara mengatasi kompor tersumbat pada artikel ini.

Cara mengatasi kompor tersumbat

Masalah kompor tersumbat tentunya akan membuat momen memasak Anda yang seharusnya menyenangkan jadi terasa menyebalkan. Tidak perlu cemas. Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut untuk mengatasi kompor tersumbat. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Perhatikan bagian regulator

Cara mengatasi kompor tersumbat yang pertama adalah dengan memperhatikan bagian regulatornya. Bagi kompor gas, regulator memiliki peranan penting dalam mengalirkan gas dari tabung LPG. Pemasangan regulator yang tidak tepat dapat menyebabkan saluran tersumbat sehingga gas tidak akan keluar dari tungku.

Untuk mengatasinya, pertama Anda bisa melepas terlebih dahulu regulator kompor gas. Setelah itu, periksa baik-baik bagian lubangnya, Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa di dalamnya.

Perhatikan juga bagian seal di mulut tabung LPG. Pastikan kondisinya tetap lentur dan tidak mengeras. Apabila ternyata masalah bukan dari sana, kemungkinan regulator tersebut sudah rusak. Dalam hal ini, Anda bisa membeli regulator baru dan menggantinya. Jangan lupa untuk memasangnya dengan benar guna menghindari terjadinya kebocoran gas.

Bersihkan spuyer kompor

Selain regulator, spuyer juga punya peranan penting dalam komponen kompor gas. Karena bagian ini yang akan mengalirkan aliran gas keluar dari tabung ke bagian burner. Nantinya, gas tersebut akan berubah jadi api menggunakan bantuak pemantik.

Nah, apabila bagian spuyer tersumbat, bisa dipastikan kompor gas tidak dapat mengeluarkan api. Dalam hal ini, Anda perlu membersihkan bagian spuyer tersebut agar kompor bisa mengeluarkan api Kembali.

Untuk membersihkannya, pertama-tama Anda perlu memposisikan kompor gas secara terbalik. Jika ada cover yang menutup, Anda perlu membukanya terlebih dahulu. Kalau sudah terlihat bagian bawah kompor, bersihkan spuyer menggunakan blower, terutama di bagian lubangnya.

Namun, berhati-hatilah karena bagian lubang spuyer itu sangat kecil. Ukurannya yang kecil itu jugalah yang membuatnya rawan tersumbat kotoran dari debu atau sisa bahan masakan. Kalau tidak ada blower, Anda dapat menggunakan jeruk kecil untuk membersihkan kotoran-kotoran penyumbat tersebut.

Cek kondisi burner

Cara mengatasi kompor tersumbat lainnya adalah dengan mengecek kondisi burner. Komponen ini memiliki bentuk lingkaran disertai lubang-lubang kecil di bagian pinggirnya. Bagian lubang tersebutlah yang berfungsi untuk mengeluarkan api pada kompor. 

Oleh karena itu, kompor gas yang tidak dijaga kebersihannya sangat rawan tersumbat. Hal ini karena kondisi burner yang kotor sehingga mengganggu keluarnya api pada kompor. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu rajin membersihkan kompor secara rutin. Terutama begitu selesai memasak agar sisa-sisa makanan dan minyak tidak menempel terlalu lama.

Kalau Anda ingin membersihkan bagian burner kompor gas sendiri, berikut adalah kiat-kiat  yang bisa diterapkan:

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain sabun pembersih noda, amplas halus, dan sikat.
  2. Lepaskan bagian burner pada kompor gas.
  3. Cuci burner menggunakan sabun pembersih noda dan air bersih.
  4. Apabila ada noda membandel yang sulit dibersihkan, silakan gunakan amplas untuk menghilangkannya.
  5. Apabila burner sudah bersih, lap menggunakan kain kering hingga tidak ada air yang tersisa.
  6. Kalau sudah kering dan bersih, pasang Kembali burner pada kompor gas dengan tepat.

Mengganti selang gas

Sudah mencoba ketiga cara diatas tetapi kompor Anda masih belum mengeluarkan api? Kemungkinan masalahnya terjadi pada bagian selang gas. Selang gas ini berperan dalam mengalirkan gas dari tabung LPG ke kompor.

Jika selang gas dalam kondisi rusak, bisa jadi hal ini menimbulkan sumbatan yang membuat api kompor tidak menyala. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya membeli selang gas baru. Disarankan juga untuk menambahkan pengaman pada bagian luar selang untuk membuatnya lebih awet.

Itulah 4 cara mengatasi kompor tersumbat yang bisa Anda terapkan di rumah. Masalah kompor tersumbat bisa terjadi karena beberapa faktor. Umumnya, hal ini terjadi karena adanya noda minyak dan ceceran bahan masakan yang menyumbat bagian tungku kompor. 

Masalah kompor tersumbat yang bisa disebabkan oleh kondisi burner yang kurang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih produk kompor gas yang punya burner kualitas terbaik, seperti kompor gas Maharani Gold HP-200HG dari Hock.

Kompor gas Maharani Gold HP-200HG menghadirkan desain ukiran batik bergaya klasik dan elegan yang akan membuat dapur Anda tampak menawan. Ditambah lagi tatakan kompornya yang terbuat dari aluminium tebal sehingga lebih kokoh sekaligus mudah dibersihkan. Cocok banget buat Anda yang mendambakan punya dapur bersih dan indah. Yuk, beli produk Hock sekarang untuk dapur yang rapi dan menambah semangat memasak!