Ketahui Jenis Telur yang Tersedia di Pasar

Berbagai jenis telur menjadi salah satu bahan makanan yang harus selalu tersedia di dalam kulkas. Telur dikenal memiliki kandungan gizi baik yang cukup lengkap. Mulai dari protein, asam amoni, omega 3, hingga vitamin A, B, D, dan E, semuanya ada di dalam telur.

Telur termasuk panganan yang sangat mudah diolah. Kalau tidak mau repot, Anda cukup memasaknya dengan cara didadar atau diceplok. Selain itu, telur juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk membuat hidangan lain, seperti kue atau panganan lainnya. 

Bukan hanya makanan, telur pun ternyata bisa menjadi bahan racikan untuk membuat minuman. Misalnya teh talua khas Medan atau STMJ (susu, telur, madu, jahe)

Nah, tahukah Anda kalau telur di pasaran punya jenis berbeda? Hal inilah yang kemudian memengaruhi kandungan nutrisi serta cara pengolahannya. Apa saja itu? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini.

Jenis telur yang tersedia di pasar

Pada dasarnya, perbedaan dari jenis telur di pasaran terdapat pada proses pemberian makan serta pemeliharaannya. Lantas, apa saja sih jenis telur yang tersedia di pasaran tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Telur konvensional

Jenis telur pertama adalah telur konvensional. Telur yang dikenal juga sebagai telur ayam negeri ini paling mudah dan banyak ditemukan di pasaran. Dari sisi harga pun, telur konvensional dibanderol lebih murah ketimbang jenis lainnya. 

 Akan tetapi, proses pengolahan telur konvensional terbilang kurang begitu baik. Pasalnya, ayam-ayam peternak akan ditempatkan dalam kandang yang penuh dan jarang terpapar cahaya matahari.

Telur organik

Selanjutnya ada telur organik. Jenis telur ini dihasilkan oleh ayam ternah yang telah diberi pakan khusus berupa makanan organik. Artinya, pakan yang diberikan benar-benar terbebas dari tambahan bahan kimia apapun. Misalnya bila memberikan makan jagung, maka jagung tersebut harus benar-benar organik dan bebas dari pestisida atau zat kimia lainnya. Pupuk yang digunakan pun haruslah pupuk kandang. 

Berbeda dengan jenis konvensional, ayam yang dipelihara untuk menghasilkan telur organik akan dibiarkan hidup bebas tanpa kandang. Itulah mengapa telur organik lebih kaya akan protein dan nutrisi lainnya diabnding dengan jenis lainnya.

Telur vegetarian

Jenis telur lain yang banyak tersedia di pasar adalah telur vegetarian. Sesuai namanya, telur ini dihasilkan oleh ayam yang vegetarian. Artinya, ayam tersebut hanya boleh diberi makanan vegetarian. 

Untuk itu, biasanya para peternak akan menempatkan ayam-ayam mereka di dalam suatu ruangan khusus. Tujuannya agar mereka tidak mematuk serangga atau cacing yang ada di tanah dan fokus menyantap pangan vegetarian yang diberikan.

Telur yang dipasteurisasi

Mungkin Anda masih cukup asing dengan nama ini. Jenis telur pasteurisasi ialah telur yang telah melalui proses pemanasan dalam suhu 60 derajat celcius selama 3,5 menit. Tujuannya untuk membunuh bakteri yang terdapat pada telur. Itulah mengapa telur ini aman dikonsumsi baik dalam kondisi mentah amupun setengah matang.

Telur yang dipasteurisasi juga mampu mengunragi risiko menyakit yang diakibatkan kandungan Salmonella. Jenis telur ini pun sangat ideal bagi mereka yang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuh, wanita hamil hingga anak-anak.

Telur Omega 3

Jenis telur yang banyak tersedia di pasar terakhir adalah telur omega 3. Memang hampir semua telur ayam memiliki kandungan omega 3. Akan tetapi, kandungan omega 3 pada jenis telur ini lebih tinggi ketimbang lainnya. Hal tersebut karena pemberian pakan yang banyak mengandung omega 3, seperti limbah ikan, limbah udang, atau rami pada ayam petelur. 

Secara bentuk, telur omega 3 punya ukuran yang sama dengan telur ayam biasa. Meski begitu, perbedaannya dapat diketahui dari cangkangnya. Biasanya cangkang telur omega 3 punya sifat lebih keras dan tidak mudah retak.

Perbedaan lain juga terlihat pada bagian dalam telur. Di mana bagian kuning pada telur omega 3 warnanya terlihat lebih oranye kekuningan. Bagian putihnya pun tampak lebih kental ketimbang telur biasa.

Itulah beberapa jenis telur yang biasa ditemukan di pasaran. Anda bisa memilh jenis telur tersebut berdasarkan kebutuhan konsumsinya. Apapun hidangan telur yang akan Anda buat nanti, pastikan dimasak sebaik mungkin agar bisa memberi manfaat nutrisinya secara maksimal.

Solusinya, Anda bisa mengandalkan kompor gas Mutiara Gold 120MG dari Hock. Kompor satu tungku ini didesain khusus sehingga mampu menghasilkan api biru besar. Inilah yang akan membuat masakan telur Anda matang dengan cepat dan merata. Yuk pesan produk kompor gas dari Hock sekarang!