Ini Kelebihan Dapur Bersama GoFood

Layanan Dapur Bersama GoFood hadir sebagai salah satu inovasi terbaru dari aplikasi anak bangsa, Gojek. Mungkin Anda sering melihat layanan ini Ketika melakukan pemesanan dari aplikasi GoFood. Dapur Bersama GoFood merupakan bagian dari inisiatif Gojek untuk mengakselerasi pertumbuhan dari usaha kuliner skala UMKM.

Sebagian besar mitra peserta Dapur Bersama GoFood berasal dari skala UMKM. Berkat layanan ini, rata-rata mitra Dapur Bersama GoFood diklaim mengalami peningkatan transaksi. Apalagi mengingat Dapur Bersama GoFood telah terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran pada aplikasi Gojek. 

Artikel ini akan membahas perihal pengertian serta kelebihan dari Dapur Bersama GoFood. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkannya untuk membantu perkembangan bisnis kuliner Anda. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Dapur Bersama GoFood?

Sebelum kita membahas tentang kelebihannya, tak ada salahnya mengetahui lebih dulu mengenai ap aitu Dapur Bersama GoFood. Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang layanan ini.

Secara harfiah, Dapur Bersama atau Cloud Kitchen merupakan dapur berbentuk ruang kerja kolektif yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung UMKM di bidang kuliner. Berbeda dengan dapur biasa, Dapur Bersama GoFood ini hanya melayani pesan-antar produk kuliner melalui GoFood.

Karena hanya fokus pada layanan pengantaran makanan via GoFood, pesanan Anda di Dapur Bersama GoFood bisa dikirimkan dengan cepat. Apalagi mengingat outlet yang menjadi mitra Dapur Bersama GoFood telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. 

Menariknya, produk makanan dan minuman yang ditawarkan di Dapur Bersama GoFood akan menyesuaikan dengan perilaku konsumen di daerah masing-masing. Jadi, pilihan yang ditampilkan pada GoFood nantinya adalah yang sesuai dengan selera Anda. 

Layanan Dapur Bersama GoFood juga menjadi pilihan ekonomis bagi Anda yang ingin menjangkau pelanggan di wilayah baru. Karena Dapur Bersama dapat meminimalisir pengeluaran untuk gaji karyawan, fasilitas memasak, sewa gedung, dan lainnya. 

Kelebihan Dapur Bersama GoFood

Gojek selalu berusaha memberi yang terbaik untuk pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia. Termasuk UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Oleh sebab itu, Gojek menghadirkan berbagai layanan untuk membantu para pelaku UMKM beradaptasi dengan proses digitalisasi di tengah perubahan perilaku konsumen serta dinamika pasar.

Salah satu inovasi yang ditawarkan Gojek adalah layanan Dapur Bersama GoFood ini. Ada berbagai kelebihan yang bisa diperoleh para mitra yang menjadi bagian dari Dapur Bersama GoFood, antara lain:

Mengurangi biaya sewa dan beban infrastruktur

Dapur Bersama GoFood telah menyediakan aneka kebutuhan dapur serta utilitas dasar. Meliputi saluran listrik, drainase, hingga pipa gas. Dengan begitu, biaya sewa dan pemeliharaan bangunan akan berkurang.

Menghemat biaya operasional

Perbedaan dapur biasa dengan Dapur Bersama GoFood adalah penerapan basis delivery-only atau hanya melayani pengantaran saja. Oleh sebab itu, sumber daya manusia yang digunakan pun tidak terlalu banyak sehingga biaya operasional menjadi lebih rendah ketimbang restoran dine-in.

Menjaga arus kas (cash flow)

Keunggulan lain dari Dapur Bersama GoFood dibanding restoran biasa adalah terkait biaya sewa. Biasanya, mitra UMKM yang menjadi peserta Dapur Bersama tidak perlu lagi membayar uang sewa di muka tiap tahunnya. Karena pembayaran menggunakan sistem bagi hasil keuntungan. Dengan begitu, arus kas (cash flow) bisnis Anda akan terjaga kelancarannya.

Minim modal dan risiko

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi Dapur Bersama ini dipilih berdasarkan big data dari transaksi GoFood. Artinya, semua sudah disesuaikan dengan permintaan pasar. Karena itu, mitra UMKM dapat melakukan ekspansi ke wilayah baru untuk mendekatkan diri dengan konsumen di sana. Tentunay dengan modal dan risiko yang relatif lebih rendah.

Itulah penjelasan mengenai pengertian serta kelebihan Dapur Bersama GoFood. Pada dasarnya, Dapur Bersama ini dicanangkan oleh Gojek untuk membantu para pelaku UMKM beradaptasi dengan proses digitalisasi di tengah perubahan perilaku konsumen serta dinamika pasar. 

Dalam hal ini, pemesanan yang efektif dan efisien juga menjadi kunci penting untuk diperhatikan. Namun kalau terlalu buru-buru membuat masakan, hasilnya bisa kurang matang. Bisa-bisa konsumen enggan memesan lagi. 

Nah, Oven Putaran Hawa 02 dari Hock adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Oven alumunium ini telah didesain khusus sehingga mampu memanggang aneka jenis makanan, mulai dari ikan, ayam, hingga kue dan roti. 

Produk ini juga telah dilengkapi dengan temperatur suhu yang memungkinkan Anda mengatur suhu dengan baik. Hasil pembakarannya pun akan merata dan terpanggang dengan sempurna. Tentunya masakan yang Anda buat akan menjadi lebih nikmat dan disukai oleh para konsumen. Yuk pesan Oven Putaran Hawa 02 dari Hock untuk kebutuhan bisnis kuliner Anda di Dapur Bersama GoFood!