Cara Menata Dapur Agar Rapi & Bersih

Cara menata dapur agar rapi dan bersih sangat penting untuk diketahui setiap orang. Terutama bagi Anda yang punya dapur minimalis. Semenarik apapun desain interiornya, semua terasa percuma kalau dapur masih kotor dan berantakan. ‘

Ditambah lagi, dapur yang jarang dibersihkan bisa membuat debu dan kotoran menumpuk. Akibatnya, dapur akan berbau tidak sedap. Serangga pengganggu seperti kecoa dan tikus pun akan betah berdatangan di dapur. Kondisi tersebut tentu akan membuat Anda merasa malas memasak, bukan?

Untuk membuat momen memasak Anda terasa makin menyenangkan, tak ada salahnya mulai menata dapur agar tampak rapi dan bersih. Semua itu bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu repot memanggil tenaga profesional. Bagaimana caranya? Berikut adalah 6 cara menata dapur agar rapi dan bersih yang bisa Anda terapkan.

Cara menata dapur agar rapi & bersih

Tidak perlu bingung lagi. Menata dapur agar rapi dan bersih kini bisa diterapkan dengan beberapa cara berikut. Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaatkan wadah makanan

Cara menata dapur agar rapi dan bersih yang pertama adalah dengan memanfaatkan wadah makanan. Ketika memasak, seringkali ada potongan bahan masakan hingga bumbu dapur yang berceceran atau tumpah. Inilah yang membuat dapur jadi kotor dan berbau tak sedap.

Untuk mengatasinya, Anda cukup memanfaatkan wadah makanan seperti toples berbagai ukuran. Anda dapat menggunakan toples tersebut untuk menyimpan bumbu dapur, seperti garam, gula, bubuk cabai, hingga tepung. 

Anda juga dapat menyimpan potongan sayur, buah, serta berbagai bahan makanan yang digunakan untuk memasak di dalam toples. Bukan hanya membuatnya tampak rapi, penggunaan wadah makanan ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas bahan makanan yang terdapat di dalamnya. 

Kelompokkan peralatan dapur

Anda pastinya memiliki berbagai jenis perabotan dapur. Mulai dari wajan, sendok, piring, meja, dan spatula. Untuk membuatnya tampak rapi, Anda bisa melakukan pengelompokkan sesuai dengan fungsinya.

Misalnya saja alat masak seperti spatula, wajan, pisau, dan panci ditempatkan berdekatan dengan area kompor. Sementara peralatan makan seperti piring dan sendok disimpan di dekat meja makan. 

Dengan begitu, dapur akan jadi lebih rapi karena tidak adanya peralatan yang menumpuk di satu area. Cara ini juga membuat aktivitas dapur jadi lebih efisien dan cepat karena sudah disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Gunakan rak piring gantung

Punya dapur berukuran kecil? Jangan khawatir. Anda dapat menggunakan rak piring gantung guna menghemat space pada dapur minimalis. Bentuknya yang ringkas dan tidak memakan banyak tempat akan membuat dapur Anda terasa lebih luas.

Umumnya, rak piring gantung ditempelkan di dinding atau pada sisi kosong dekat kitchen sink. Tujuannya untuk menempatkan berbagai peralatan makan yang baru saja selesai dicuci hingga kering. 

Pilih rak troli

Cara menata dapur agar rapi dan bersih selanjutnya adalah dengan menggunakan rak troli. Selain menyimpan beragam bahan masakan, rak troli juga bisa dipakai untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Sebut saja panci dan wajan.

Untuk kemudahan aktivitas di dapur, sebaiknya Anda memilih rak troli yang dilengkapi dengan roda pada kakinya. Dengan begitu, Anda bisa memindahkannya ke sana kemari Ketika memasak.

Disarankan juga untuk memilih rak troli yang memiliki cantolan di salah satu sisinya. Akan lebih baik lagi kalau ada rak tersebut juga dilengkapi tempat khusus untuk meletakkan peralatan makan. 

Perbanyak laci

Bukan hanya rak troli, proses penataan di dapur akan lebih mudah dengan menggunakan laci. Fungsi dari laci tersebut adalah untuk mempermudah pengelompokkan alat dapur berdasarkan jenisnya.

Jadi, semakin banyak laci yang dimiliki, penataan dapur akan jadi lebih mudah. Bahkan penggunaan laci lebih disarankan ketimbang rak piring biasa. Mengapa demikian?

Ketika menggunakan rak piring, Anda cenderung menempatkan peralatan dapur yang jarang digunakan di area paling belakang. Namun Ketika dibutuhkan, Anda perlu membongkar isi rak guna mengambil peralatan tersebut. Sangat merepotkan, bukan?

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memperbanyak laci di dapur Anda. Tujuannya untuk mempermudah pengambilan berbagai peralatan Ketika beraktivitas di dapur. Ruangan dapur pun akan terasa lebih luas. 

Memaksimalkan area bawah wastafel

Rasanya hampir semua orang memiliki tempat cuci piring atau wastafel di dapurnya. Kalau Anda termasuk salah satunya, pas sekali nih! Anda bisa loh memanfaatkan ruang yang terdapat di bawah pipa pembuangan tersebut.

Umumnya, pipa pembuangan pada wastafel memiliki bentuk berkelok-kelok sehingga banyak orang mengabaikan ruang tersebut. Padahal kalau disiasati dengan baik, ruang kosong itu bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai alat pembersih dapur seperti sikat, sabun, serta lap. 

Cara ini akan membuat tampilan dapur jadi lebih rapi dan tertata. Kuncinya adalah mengatur penempatan barang-barang tersebut sebaik mungkin. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan ruang sempit yang tersedia itu.

Itulah 6 cara menata dapur agar rapi dan bersih yang bisa Anda terapkan. Semua orang tentunya menginginkan dapur yang tampak bersih dan indah. Oleh sebab itu, pastikan Anda menatanya dengan rapi agar tampilan dan higienis nya tetap terjaga.

Menjawab kebutuhan banyak orang akan dapur bersih dan rapi, Hock menghadirkan produk alat dapur yang didesain khusus untuk memberikan kesan menawan dan enak dipandang. Salah satunya adalah Maharani Gold HP-200HG dari Hock.

Kompor gas Maharani Gold HP-200HG menghadirkan desain ukiran batik bergaya klasik dan elegan yang akan membuat dapur Anda tampak menawan. Ditambah lagi tatakan kompornya yang terbuat dari aluminium tebal sehingga lebih kokoh sekaligus mudah dibersihkan. Cocok banget buat Anda yang mendambakan punya dapur bersih dan indah. Yuk, beli produk Hock sekarang untuk dapur yang rapi dan menambah semangat memasak!