Cara Mengatasi Kulkas yang Bau Tak Sedap

Pernahkah Anda mengalami kulkas berbau tak sedap ketika dibuka? Sebagai tempat menyimpan aneka makanan dan minuman, wajar bila kulkas bisa mengeluarkan bau bauan tertentu. Namun, terkadang baunya bisa sangat menyengat dan tidak sedap.

Munculnya bau tidak sedap pada kulkas umumnya disebabkan adanya pembusukan atau tetesan dari makanan dan minuman yang disimpan terlalu lama. Terutama bahan makanan seperti ikan dan ayam yang kerap menyisakan aroma tidak sedap di dalam kulkas. Bisa juga disebabkan sirkulasi udara dalam kulkas yang tidak baik. 

Isi kulkas yang berantakan bisa membuat suhu dingin tidak terdistribusi merata sehingga tingkat pendinginannya jadi berbeda. Hal tersebut juga dapat memicu timbulnya bau badan tak sedap dari kulkas. Kalau tidak segera diatasi, masalah bau kulkas ini akan memengaruhi bahan masakan yang disimpan di dalamnya. 

Oleh sebab itu, kami akan membagikan cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap yang ramah lingkungan. Dengan begitu, bau kulkas yang tidak sedap dapat dihilangkan guna mencegah kontaminasi makanan di dalamnya.

Cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap

Masalah aroma tidak sedap dari kulkas kerap dialami oleh banyak orang. Tak perlu khawatir karena solusinya sangatlah mudah. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan berikut, masalah kulkas yang bau menyengat bisa diatasi sekaligus dicegah. Mari simak cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap sebagai berikut.

Kopi bubuk

Selama ini, biji kopi telah dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat menyerap bebauan tak sedap. Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Pertama Anda perlu menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk, atau membeli bisa dengan membeli kopi bubuk langsung.

Taruh bubuk kopi tersebut di atas piring atau wadah secara merata lalu simpan di kulkas selama 24 jam. Nantinya bubuk kopi yang telah disimpan di dalam kulkas seharian itu juga bisa didaur ulang menjadi pupuk tanaman.

Oatmeal

Apa Anda termasuk tipe orang yang sering sarapan oatmeal setiap pagi? Siapa sangka kalau santapan lezat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap. Pasalnya, oat dapat menyerap bau dan cairan secara efektif.

Anda hanya perlu memasukkan oatmel mentah ke dalam wadah terbuka lalu menyimpannya di dalam lemari es. Nantinya, oat akan menyerap bebauan tak sedap dari dalam kulkas secara otomatis.

Cuka

Cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cuka. Memang cuka sangat populer digunakan sebagai penetral aroma tak sedap karena berbagai hal. Termasuk makanan dan minuman yang tersimpan cukup lama di dalam kulkas.

Untuk membantu menetralkan bau tak sedap dari kulkas, Anda cukup menuangkan sedikit cuka ke dalam handuk kecil. Kemudian, letakkan handuk tadi di wadah terbuka seperti mangkuk kecil. Diamkan di dalam lemari es setidaknya selama 24 jam guna memperoleh manfaat secara efektif.

Kombinasi lemon, baking soda, dan garam

Cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap lainnya adalah dengan memanfaatkan kombinasi lemon, baking soda, serta garam. Ketiga bahan ini diyakini mampu menghilangkan bau tak sedap dengan cepat, sembari menambahkan aroma segar di dalam kulkas Anda.

Untuk membuat racikan sederhana ini, pertama-tama Anda perlu mengiris lemon dengan ketebalan 2-3 cm. Setelah itu, tambahkan 2-3 sendok makan garam meja dan baking soda pada irisan lemon tadi. 

Tempatkan kombinasi ketiganya di atas piring dangkal yang tidak tertutup. Simpan piring berisi lemon tadi di dalam kulkas hingga 6 hari. Biasanya lemon hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk memberi aroma segar di dalam kulkas.

Arang

Cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap berikutnya adalah dengan menggunakan arang. Ya, arang yang sering Anda gunakan untuk pesta BBQ kini juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau di lemari es. 

Cukup dengan memasukkan dua cangkir arang kubus ke dalam wadah terbuka, seperti mangkuk. Kemudian tempatkan wadah tadi di dalam kulkas selama tiga hari. Namun, berhati-hatilah terhadap anak-anak. Jangan lupa untuk memberitahu mereka supaya mereka tidak salah mengiranya dengan camilan.

Kantong teh bekas

Cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap terakhir ini sangatlah mudah dan murah. Tak perlu repot-repot, karena Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kantong teh bekas minum saja.

Letakkan saja kantung teh bekas tadi di atas piring atau mangkuk, lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan hingga bau tak sedap di dalam kulkas terserap oleh kantong teh itu. Bukan hanya menyerap bau, daun teh juga dapat memberi aroma segar di dalam kulkas. Jangan lupa untuk mengganti kantong tehnya setiap 3-4 hari sekali agar hasilnya lebih optimal.

Itulah beberapa cara mengatasi kulkas yang bau tak sedap. Pada dasarnya, langkah terbaik untuk mencegah bau tak sedap dari dalam kulkas adalah dengan melakukan pembersihan mendalam, setidaknya tiap 3-4 bulan sekali. Dengan begitu, semua bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi bisa segera disingkirkan.

Hal yang sama juga berlaku untuk semua perangkat di dapur. Tak terkecuali kompor. Kalau tidak dibersihkan, bisa-bisa timbul bau menyengat serta noda yang sulit dibersihkan. Akan tetapi, tidak semua orang punya cukup waktu untuk membersihkannya. Untungnya kini ada produk alat masak yang sangat mudah dibersihkan. Salah satunya kompor gas Elegant Gold HP-200EG dari Hock.

Kompor gas Hock ini dirancang khusus dengan body berbahan Stainless Steel 304, yang bukan hanya tahan lama melainkan juga mudah dibersihkan. Cocok banget buat Anda yang punya banyak kesibukan. Yuk, pesan produk alat masak di Hock sekarang juga!