Cara Bersihkan Peralatan Masak Aluminium Agar Kembali Kinclong

Setelah selesai memasak, Anda mungkin sering menemukan noda dan kotoran di berbagai peralatan masak aluminium. Hal ini pastinya akan terasa menjengkelkan. Apalagi kalau nodanya begitu lengket sampai-sampai sulit untuk dihilangkan.

Aluminium sendiri memang banyak digunakan sebagai bahan untuk peralatan memasak. Mulai dari panci, wajan, hingga kompor. Supaya awet dan tidak cepat rusak, peralatan memasak aluminium perlu dibersikan secara rutin. Walau begitu, bahan aluminium tergolong mudah tergores dan dapat berubah warna bila dibersihkan dengan sembarangan.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan peralatan masak aluminum tanpa harus merusak penampilannya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara membersihkan peralatan masak aluminium agar kembali kinclong. Mari simak sampai akhir artikel ya!

Cara bersihkan peralatan masak aluminum agar kembali kinclong

Membersihkan peralatan masak aluminium sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya beberapa orang sering kali tidak memahami alurnya dengan baik. Karena itu, berikut adalah cara membersihkan peralatan masak aluminium agar kembali kinclong dan tidak merusak penampilannya.

Segera bersihkan noda dan kotoran yang menempel

Beberapa orang sering kali merasa malas untuk langsung membersihkan peralatan masak aluminum yang telah digunakan. Padahal membiarkan sisa makanan menempel di bagian permukaan alat masak terlalu lama akan membuatnya menjadi noda berkerak dan makin sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, hindari membiarkan kotoran dan sisa makanan menempel di peralatan masak aluminium terlalu lama. Segera cuci hingga bersih untuk mencegah timbulnya kerak atau noda membandel.

Rendam dengan air hangat

Sisa masakan yang mengendap dan berkerak di dasar panci atau wajan seringkali sulit untuk dibersihkan. Tapi jangan cemas. Anda tetap bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan air panas.

Caranya sangat mudah. Cukup tuangkan air ke dalam wajan atau panci lalu panaskan di atas kompor. Kalau airnya sudah mendidih, matikan api lalu tunggu hingga agak dingin. Nantinya kotoran yang mengendap atau berkerak akan melunak dan mudah diangkat.

Langkah yang sama bisa Anda lakukan untuk membersihkan peralatan masak aluminium lain. Namun kali ini, Anda cukup merendamnya dengan air hangat pada satu wadah untuk menghilangkan minyak dan sisa makanan yang menempel. Setelah itu, cuci dengan menggunakan sabun hingga bersih.

Gunakan campuran cuka, tepung, dan garam

Kalau ada sisa makanan yang terlanjur berkerak di peralatan masak alumium, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan pasta cuka. Di mana pasta ini terbuat dari campuran cuka, tepung, dan garam.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan 230 ml cuka putih. Aduk merata lalu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga mengental.

Kalau sudah mengental, oleskan pasta tersebut pada bagian peralatan masak aluminum yang berkerak. Diamkan selama 15 menit sampai 1 jam, sesuai banyaknya noda. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu keringkan menggunakan kain lembut sampai tidak ada noda tersisa.

Manfaatkan rebusan kulit apel

Siapa sangka sisa kulit apel juga bisa dipakai untuk membersihkan peralatan masak aluminium. Apel memang memiliki kandungan zat asam yang mampu membersihkan noda membandel dan berkerak pada alat masak.

Caranya dengan merebus air dan kulit apel di dalam panci yang terdapat noda sisa makanan. Gunakan api kecil dan diamkan selama sekitar 20-30 menit. Kalau nodanya sudah terangkat, buang air rebusan kulit apel tadi. Setelah itu, bilas bagian dalam panci dengan air dan keringkan.

Campuran garam dan lemon

Kalau bagian bawah panci dan wajan aluminium Anda terdapat noda hitam dan berkarat, Anda hanya perlu memakai campuran garam dan lemon. Caranya dengan membubuhkan garam pada bagian wajan atau panci yang tampak menghitam dan berkarat.

Setelah garam tersebar merata, gosok bagian tersebut menggunakan lemon yang telah diiris. Kalau noda dan kotoran tersebut sudah meluruh, langsung bilas dengan air hingga bersih.

Anda juga bisa memanfaatkan lemon tersebut untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada peralatan masak aluminium. Cukup dengan menggosok bagian yang berbau amis dengan irisan lemon hingga baunya hilang, lalu bilas dengan air.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan peralatan masak aluminum agar kembali kinclong. Pada dasarnya, bukan hal sulit untuk merawat dan bersihkan peralatan masak berbahan aluminium. Hanya saja masih banyak yang belum mengetahui cara terbaik melakukannya. Kalau Anda tidak ingin terlalu sering membersihkan peralatan masak aluminum, kompor gas Elegant Silver HP-200EV dari Hock bisa jadi solusinya.

Kompor gas Elegant Silver HP-200EV dari Hock ini dilengkapi dengan tatakan berbahan 5 kaki berbahan aluminium yang kuat dan kukuh. Selain itu, tatakan kompor Elegant Silver HP-200EV juga sangat mudah dibersihkan. Yuk, masak lebih mudah dengan kompor gas Elegant Silver HP-200EV dari Hock.