Cara Membersihkan Alat Masak Gosong

Berbagai aktivitas di dapur kerap kali membuat alat masak gosong dan berkerak. Umumnya noda gosong membandel terjadi akibat adanya sisa makanan yang menempel atau terbakar pada peralatan dapur, seperti wajan dan panci.

Alat masak gosong dan berkerak akan mengganggu proses memasak dan bikin bete. Dengan rasa kesal berlipat-lipat itu, Anda mungkin berpikir untuk membuang alat masak kesayangan yang sudah gosong tersebut. Tapi dulu terburu-buru. Anda bisa kok membuat alat masak gosong Kembali kinclong.

Memang membersihkan alat masak gosong bukanlah perkara mudah sehingga sering membuat orang malas melakukannya. Namun dengan trik-trik berikut, noda gosong dan berkerak di alat masak milik Anda akan terangkat dan membuatnya kembali kinclong. Berikut adalah cara membersihkan alat masak gosong secara optimal agar bisa digunakan lagi.

Cara membersihkan alat masak gosong

Alat masak gosong karena noda hitam yang menempel dan lengket bisa merusak hasil masakan Anda. Nah, untuk mengembalikan kualitasnya secara maksimal, Anda perlu membersihkannya dengan berbagai cara sebagai berikut.

Gunakan soda kue

Cara membersihkan alat masak gosong yang pertama adalah dengan menggunakan soda kue. Bukan hanya membuat kue, soda kue juga kerap dimanfaatkan sebagai penghilang noda dan kerak membandel. Caranya sangat mudah. 

Anda tinggal mencampurkan soda kue dengan air, kemudian aduk hingga merata. Oleskan pada bagian alat dapur yang terkena noda lalu diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Cara lain, Anda bisa mencampurkan satu cangkir soda kue dengan 15-20 tetes minyak esensial jeruk dalam suatu wadah. Aduk sampai tercampur rata lalu taburkan di bagian alat dapur yang gosong dan berkerak. Kemudian gosok menggunakan spons cuci piring. Lakukan berulang sampai bersih kemudian bilas dengan air hangat.

Memanfaatkan garam

Selama ini garam lebih dikenal sebagai bagian dari bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun ternyata, garam juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan alat dapur yang gosong atau lengket.

Anda cukup merendam alat masak yang gosong dalam air panas yang telah dicampurkan dengan garam. Diamkan selama beberapa jam lalu bilas hingga bersih. Penggunaan garam ini juga cocok untuk membersihkan alat dapur yang memiliki lapisan anti lengket. Karena garam tidak akan merusak lapisan anti lengket tersebut.

Menuangkan minuman bersoda

Cara membersihkan alat masak gosong selanjutnya adalah dengan menuangkan minuman bersoda. Siapa sangka minuman soda yang menyegarkan juga mampu menghilangkan noda gosong dan kerak membandel pada alat dapur. Pasalnya, soda mengandung asam yang mampu mengangkat kerak yang menempel. Meski begitu, kandungan asam ini tidak akan merusak lapisan anti lengket pada alat masak Anda.

Anda hanya perlu merendam alat masak yang gosong dengan cairan soda selama beberapa jam. Setelah itu, gosok hingga bagian-bagian yang berkerak terlepas. Cara lainnya, Anda dapat memanaskan air soda hingga mendidih. Lalu bilaskan air soda tadi pada alat masak yang berkerak. Kalau sudah, bilas lagi dengan air hingga bersih.

Rendam dalam air lemon atau jeruk nipis

Selama ini, lemon atau jeruk nipis dikenal ampuh dalam membersihkan aneka noda. Termasuk noda gosong dan berkerak pada peralatan masak. Itulah mengapa ekstrak lemon kerap dimanfaatkan sebagai salah satu kandungan pada berbagai produk sabun cuci piring.

Untuk membersihkan alat masak gosong menggunakan lemon, Anda tinggal mencampurkan perasan air lemon dengan air mendidih pada suatu wadah. Rendam alat masak yang berkerak selama semalaman. Kalau sudah, bilas hingga bersih.

Basahi dengan cairan cuka

Cara membersihkan alat masak gosong terakhir adalah dengan memakai cairan cuka. Seperti citric acid dan sitrun, cuka juga punya kandungan asam asetat sehingga dapat mengangkat kerak sekaligus mengikis noda gosong pada alat masak. Khususnya pada panci dan wajan.

Cara membersihkan alat masak gosong dengan cuka cukup mudah. Tinggal siramkan cuka pada bagian peralatan yang berkerak atau gosong. Diamkan selama beberapa menit sampai kering dan meresap. Kalau sudah, gosok dengan kawat cuci piring secara perlahan hingga nodanya benar-benar terangkat. Jangan lupa bilas menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Itulah 5 cara membersihkan alat masak gosong yang bisa Anda terapkan di rumah. Tidak perlu melulu beli baru. Masalah peralatan memasak yang berkerak atau gosong dapat diatasi dengan memanfaatkan beberapa bahan alami saja. 

Kalau Anda tidak ingin repot, kini sudah ada beragam pilihan alat masak yang sangat mudah dibersihkan. Salah satunya adalah Mutiara Gold 100MG dari Hock. Desain tatakan kompor gas dibuat dari Cold Roll Steel berlapis enamel. Karena itulah, tatakan kompor Hock ini sangat mudah dibersihkan dari noda gosong dan berkerak yang mengganggu. Buruan pesan produk alat masak Hock yang mudah dibersihkan!