Cara Melepas Bagian Kompor Gas Hock

Cara melepas bagian kompor gas Hock merupakan informasi yang wajib Anda ketahui. Sebagai alat masak, kompor tentunya tidak luput dari cipratan minyak atau tumpahan bahan masakan lainnya. Kalau tidak segera dibersihkan, noda-noda tersebut akan menjadi kerak membandel yang sulit dibersihkan.

Bukan hanya permukaannya saja, bagian dalam kompor gas pun juga perlu mendapat perawatan rutin agar bisa terus bekerja maksimal dalam jangka panjang. Pasalnya, kotoran, debu, lemak, serta partikel kecil lainnya dapat menumpuk di bagian dalam kompor. Akibatnya, kompor gas jadi tersumbat dan sulit untuk digunakan.

Oleh sebab itu, penting untuk Anda melakukan perawatan dan membersihkan kompor Hock secara rutin. Tidak perlu melulu repot-repot memanggil tenaga ahli, kini Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Kuncinya, Anda perlu mengetahui cara melepas bagian kompor Hock agar bisa dibersihkan secara sempurna. 

Hal ini lantaran tiap bagian kompor gas Hock punya cara tersendiri untuk dibersihkan. Lantas, bagaimana cara melepas bagian kompor Hock dengan baik dan benar? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Cara melepas bagian kompor gas Hock

Kalau dilihat sekilas, tentu tidak sulit untuk melepas bagian-bagian pada kompor Hock. Namun, cara melepas bagian kompor Hock harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Jika salah melakukannya, bisa-bisa kompor Hock Anda malah rusak dan sulit dipasang kembali.

Apabila hal tersebut terjadi, mau tak mau Anda harus mempersiapkan biaya lebih untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui poin-poin tentang cara melepas bagian kompor Hock. Dalam hal ini, kami akan menggunakan produk kompor gas Elegant Gold HP-200EG dari Hock sebagai referensi untuk Anda.

  1. Siapkan alat-alat untuk membantu melepas bagian kompor Hock, antara lain tang serta obeng.
  2. Putuskan aliran gas pada kompor terlebih dahulu melalui kran regulator. Kalau aliran gas sudah terputus, lepaskan selang dari kompor.
  3. Copot bagian knob kompor dengan menggunakan tangan hingga terlepas. Anda bisa menggunakan bantuan obeng kalau kesulitan. Ingat, jangan melepas terlalu keras agar tidak merusaknya. Letakkan di tempat khusus agar bagian knop tidak tercecer.
  4. Lepaskan bagian tatakan kompor dengan cara mengangkatnya dari bodi kompor Hock.
  5. Setelah itu, lepaskan juga bagian burner kompor Hock secara perlahan. Sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya Anda tidak memasak terlebih dahulu agar burnernya tidak panas. Tempatkan juga burner tersebut di suatu wadah agar tidak mudah hilang.
  6. Kalau burnernya sudah diangkat, luruskan bagian kunci burnernya dengan menggunakan tang. Kemudian lepaskan bagian tersebut dengan menggunakan tangan. Lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang patah dalam proses ini.
  7. Setiap bagian kompor Hock siap untuk dibersihkan.

Tips membersihkan dan penanganan kompor gas Hock

Setelah mengetahui cara melepas bagian kompor Hock, langkah selanjutnya adalah membersihkan tiap bagian tersebut hingga tidak ada kotoran tersisa. Dengan begitu, kompor Hock bisa digunakan kembali untuk aktivitas memasak. Berikut adalah tips membersihkan dan penanganan kompor Hock sesuai bahan pembuatnya.

  • Untuk membersihkan kompor gas Hock berbahan Stainless Steel, Anda dapat menggunakan pembersih logam khusus. Caranya dengan menggunakan pembersih logam dan kain flanel pada kompor Anda. 
  • Sementara untuk membersihkan kompor gas Hock yang dilapisi Powder Coating, Anda bisa menggunakan sabun. Jangan gunakan penggosok kasar agar tidak menggores lapisan tersebut.
  • Lalu untuk tatakan kompor Hock yang dilapisi enamel, bersihkan dengan menggunakan steel wool apabila terdapat kotoran. Hindari benturan keras pada tatakan agar tidak merusak lapisan enamelnya.

Demikian penjelasan tentang cara melepas bagian kompor Hock untuk Anda. Alat masak seperti kompor Hock memang tetap rentan kotor dan berkerak akibat aktivitas memasak. Bukan hanya pada permukaan kompor, bagian dalam juga berisiko mengalami hal serupa karena menumpuknya lemak, debu, serta partikel kecil lainnya.

Pada dasarnya, Hock membekali produk kompornya, seperti kompor gas Elegant Gold HP-200EG, dengan material bodi kualitas terbaik. Hal ini membuat bodi kompor Hock jadi lebih tahan panas serta tidak mudah kotor. Alhasil, kompor Hock jadi lebih mudah dibersihkan dan tidak perlu menggunakan usaha ekstra. Yuk pesan kompor Hock sekarang untuk kemudahan aktivitas memasak.