Cara Bersihkan 5 Jenis Ikan Agar Tidak Bau Amis

Ada beragam jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari. Salah satunya adalah ikan. Ikan merupakan salah satu sumber protein hingga omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, ikan juga memiliki bau yang amis sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Pada dasarnya, cara bersihkan ikan tidaklah begitu sulit. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana melakukan pembersihan ikan yang benar. Apalagi jenis ikan yang dikonsumsi sangat beragam sehingga mempengaruhi cara membersihkannya.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan informasi seputar cara bersihkan 5 jenis ikan agar tidak bau amis. Dengan begitu, ikan yang Anda masak akan terasa lebih nikmat dan lezat. Mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara bersihkan ikan lele

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang selalu jadi favorit masyarakat Indonesia. Daging ikan lele punya tekstur lembut yang membuatnya terasa nikmat ketika disantap. Karena itulah ikan lele dapat diolah menjadi beragam kuliner nusantara, seperti pecel lele dan mangut lele.

Sayangnya, cara membersihkan ikan lele terbilang cukup merepotkan. Pasalnya lele memiliki patil yang bisa saja tidak sengaja melukai Anda ketika sedang membersihkan. Ditambah dengan badan ikan lele yang berlendir sehingga lumayan membuat licin ketika dipegang.

Berikut adalah cara membersihkan ikan lele yang tepat:

  • Bersihkan lendir pada badan ikan lele menggunakan abu gosok. Caranya dengan menggosokkan abu tersebut pada badan lele hingga terasa kesat. Kalau lendirnya sudah hilang, bersihkan badan lele dengan air sampai bersih.
  • Buka bagian kepala ikan lele untuk membersihkan insangnya. Anda dapat menggunakan tangan untuk mengambil insang sekaligus membersihkan lapisan di dalam kepalanya hingga bersih merata. Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  • Jangan lupa membersihkan jeroan yang di dalam perut ikan. Anda bisa membelah bagian perut lele dengan pisau dapur lalu keluarkan jeroan di dalamnya menggunakan tangan hingga bersih. Kemudian bilas bagian perut ikan yang telah dibersihkan dengan air bersih.
  • Kerat-kerat bagian tubuh ikan lele yang telah dibersihkan dan dibuang jeroannya menggunakan pisau. Tujuannya agar bumbu dapat meresap sempurna dan merata ke dalam daging ikan lele.
  • Lumuri ikan lele dengan air perasan jeruk nipis atau lemon selama beberapa saat untuk menghilangkan bau amis. Kalau sudah, ikan lele siap dimasak sesuai kebutuhan.

Cara bersihkan ikan kembung

Ikan kembung termasuk salah satu jenis ikan air asin yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tekstur dagingnya yang lembut dan tidak mudah hancur membuatnya banyak diminati. Umumnya, ikan yang masih berkerabat dengan ikan tongkol dan tuna ini sering dikonsumsi dengan cara digoreng.

Pada dasarnya, cara bersihkan ikan kembung tidaklah begitu sulit. Apalagi ikan kembung notabene tidak memiliki banyak sisik. Berikut adalah cara membersihkan ikan kembung yang benar.

  • Bersihkan ikan kembung dari bagian ekor dan siripnya yang berbentuk tipis serta tajam menggunakan pisau atau gunting.
  • Bersihkan bagian sisik ikan kembung dengan cara menggoreskan pisau di seluruh bagian ikan kembung. Mulai dari atas kepala hingga ekor. Lakukan beberapa kali hingga sisiknya benar-benar bersih. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan tenaga terlalu besar. Hal ini dapat merusak tekstur daging ikan kembung. Tenang saja, sisik ikan kembung bentuknya kecil dan halus sehingga mudah dibersihkan.
  • Bersihkan ikan kembung dengan air mengalir untuk membersihkan sisik dan kotoran yang tersisa. Lakukan secara perlahan hingga tidak ada lagi sisik yang tertinggal.
  • Singkirkan bagian jeroan dalam ikan kembung dengan jari, atau menggunakan gunting dan pisau. Pastikan insang dan jeroan lainnya ikut terangkat secara menyeluruh tanpa tersisa.
  • Cuci kembali ikan kembung dengan air bersih mengalir hingga bersih seluruhnya. 
  • Beri air perasan jeruk nipis atau lemon pada ikan kembung dan diamkan selama beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya

Cara bersihkan ikan nila

Salah satu olahan ikan yang mudah ditemukan di berbagai rumah makan di Indonesia adalah ikan nila. Ikan ini punya cita rasa gurih yang membuatnya cocok dijadikan berbagai bahan masakan, seperti ikan nila bakar.

Sebelum mulai memasaknya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan ikan nila agar tidak amis. Berikut adalah cara bersihkan ikan nila yang benar dan tepat.

  • Bersihkan sisik ikan nila menggunakan pisau. Caranya dengan menggosokkan pisau dari bagian ekor ke bagian kepala ikan nila hingga bersih dari sisik.
  • Buka sedikit bagian kepala ikan lalu keluarkan insangnya dengan menggunakan tangan. Kalau sudah, basuh dengan air mengalir hingga bersih.
  • Belah bagian perut ikan kemudian keluarkan segala jeroan dan kotoran di dalamnya menggunakan tangan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam perut tersebut dengan air bersih sampai tidak ada lagi kotoran di dalamnya.
  • Lumuri badan ikan nila yang telah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat, setelah itu masak ikan nila sesuai keinginan.

Cara bersihkan ikan mas

Jenis ikan lain yang sering dijadikan bahan konsumsi masyarakat Indonesia ialah ikan mas. Tekstur dagingnya yang empuk dengan cita rasa lezat membuat ikan satu ini punya banyak penggemar. Apalagi harganya cukup terjangkau dan mudah dijumpai di pasaran.

Ikan mas juga dapat dibuat menjadi berbagai olahan lezat untuk disantap kapan saja, baik masakan berkuah maupun kering. Sebut saja pindang ikan mas, gulai ikan mas, pepes ikan mas, atau ikan mas goreng. Supaya semakin terasa lezat, berikut adalah cara membersihkan ikan mas yang tepat.

  • Bersihkan sisik ikan mas terlebih dahulu menggunakan pisau hingga bersih. Ikan mas termasuk ikan yang punya banyak sisik dengan ukuran cukup besar. Jadi mungkin perlu sedikit usaha ekstra untuk membersihkan seluruh sisiknya dengan merata. 
  • Bersihkan juga bagian sirip dan ekor ikan mas dengan cara memotongnya menggunakan gunting atau pisau
  • Kalau sudah, bersihkan insang di bagian kepala ikan mas. Anda bisa mengambil insang tersebut dengan tangan agar lebih mudah mengeluarkannya.
  • Belah perut ikan mas menggunakan pisau lalu keluarkan jeroan di dalamnya menggunakan tangan. Ingat, lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar kantung empedunya tidak pecah. Kalau sampai pecah, daging ikan mas bakal terasa pahit ketika disantap.
  • Potong ikan menjadi 3-4 bagian, lalu bilas hingga bersih. Kalau Anda ingin menyajikannya secara utuh, maka ikan mas tidak perlu dipotong menjadi beberapa bagian.
  • Lumuri ikan mas tersebut dengan air perasan jeruk nipis atau lemon secara merata. Tunggu beberapa saat dan ikan mas siap untuk dimasak.

Cara bersihkan ikan mujair

Terakhir adalah ikan mujair. Jenis ikan air tawar ini banyak diminati karena harganya yang terjangkau serta rasanya yang tidak terlalu amis. Ditambah lagi ikan mujair ternyata juga mengandung banyak nutrisi kaya bermanfaat untuk kesehatan.

Seperti ikan mas, ikan mujair juga punya banyak sisik dengan ukuran cukup besar. Karena itu, membersihkannya perlu dilakukan dengan tepat dan benar agar tidak merusak cita rasanya. Berikut adalah cara membersihkan ikan mujair yang benar.

  • Bersihkan sisik pada bagian badan ikan mujair terlebih dahulu menggunakan pisau. Caranya dengan menggesekkan pisau dari bagian ekor ke kepala ikan mujair hingga sisiknya bersih sempurna.
  • Kalau sudah, belah bagian perut ikan mujair dengan pisau untuk mengeluarkan kotoran dan jeroan di dalamnya menggunakan tangan.
  • Bilas ikan mujair yang telah dibersihkan dengan air bersih hingga tidak ada kotoran tersisa.
  • Buka sedikit bagian kepala ikan mujair lalu keluarkan insangnya dengan menggunakan tangan.
  • Bersihkan bagian dalam kepala ikan mujair tersebut dengan air bersih.
  • Kalau ikan mujair telah bersih, lumuri badan ikan dengan air perasan jeruk nipis/lemon serta garam untuk menghilangkan bau amisnya.

Nah, itulah cara untuk membersihkan 5 jenis ikan agar tidak bau amis. Ingatlah bahwa kebersihan ikan dapat mempengaruhi kualitas hasil masakan yang dibuat. Oleh sebab itu, pastikan Anda memperhatikan cara membersihkan ikan yang benar.

Kalau ikan sudah bersih, Anda bisa mengolahnya menjadi aneka jenis masakan apapun dengan sempurna. Apalagi kalau memasaknya dengan kompor gas Elegant Deluxe HP-201ED dari Hock. Produk kompor gas ini punya nyala api biru lotus besar yang membuat aneka olahan ikan Anda matang cepat dan merata. Cocok buat Anda yang perlu masak banyak untuk kebutuhan hajatan atau bisnis kuliner. Buruan pesan kompor gas Elegant Deluxe HP-201ED sekarang, hanya di Hock!