7 Inspirasi Jenis Makanan Untuk Dijual Online

Inspirasi jenis makanan berikut ini bisa menjadi referensi Anda untuk berjualan online. Sekarang ini, bisnis kuliner online memang sedang naik daun di kalangan masyarakat. Bahkan menjadi salah satu ide usaha paling laris saat ini.

Kini, bisnis kuliner telah berkembang menjadi tren yang banyak diikuti berbagai kalangan. Dari sisi praktik, usaha berjualan makanan online memang terbilang cukup mudah dilakukan. Bahkan bisa dilakukan dari skala kecil atau rumah tangga. Proses pemesanannya pun bisa dilakukan melalui layanan pesan antar, seperti GoFood dan GrabFood.

Di sisi lain, berjualan makanan secara online tidak selalu memerlukan modal besar. Meski demikian, keuntungan yang diperoleh terbilang cukup menjanjikan. Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis kuliner online, berikut kami rangkum beberapa inspirasi jenis makanan untuk dijual online sebagai referensi ide usaha Anda.

Inspirasi jenis makanan untuk dijual online

Masih bingung mencari inpsirasi jenis kamanan untuk dijual online? Yuk simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

Frozen food

Inspirasi jenis makanan untuk dijual online yang pertama adalah frozen food. Bisnis ini memang tengah menjamur di masyarakat, terutama selama masa pandemi. Hal ini karena panganan beku ini memiliki banyak peminat di pasaran.

Frozen food selalu jadi pilihan utama bagi para konsumen yang memiliki banyak kesibukan karena sangat praktis dan mudah diolah. Ditambah dengan sistem penjualannya yang dapat dilakukan melalui marketplace atau layanan pesan antar makanan, seperti GoFood dan GrabFood. Tidak heran kalau permintaan akan frozen food selalu mengalami peningkatan.

Kalau tertarik untuk memulai bisnis ini, pastikan Anda sudah memiliki freezer terlebih dahulu guna menjaga kualitas frozen food. Anda juga bisa menyewa kios atau mengerjakan usaha frozen food ini di rumah.  

Kue kering

Pilihan jenis makanan untuk jualan online berikutnya adalah usaha kue kering. Biasanya kue kering akan mengalami peningkatan penjualan sangat pesat di waktu-waktu tertentu, misalnya Idul Fitri, Imlek, Natal, menyambut bulan Ramadhan, dan sebagainya.

Memang kebanyakan orang membeli kue kering sebagai hidangan untuk menyambut tamu di waktu-waktu spesial. Meski begitu, ada juga yang gemar mengonsumsinya di hari biasa sebagai camilan di waktu senggang.

Anda bisa membuat sendiri kue kering untuk dijual untuk menghemat modal. Namun, pastikan Anda mencicipi kue yang dibuat (tester) untuk memastikan kualitas rasanya. Karena mayoritas konsumen memilih suatu produk karena rasanya yang enak, ketimbang sekadar memiliki harga yang terjangkau.

Dalam hal ini, peralatan memasak seperti oven juga menjadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Karena itu dapat memengaruhi tekstur dan kematangan kue kering yang dibuat.

Oven Aluminium Hock merupakan pilihan tepat untuk memanggang kue kering yang telah digunakan dari generasi ke generasi. Desainnya telah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memberikan sirkulasi hawa panas yang menyeluruh. Hasilnya, panggangan kue kering Anda akan matang merata. Jadi, pastikan untuk menggunakan produk oven aluminium dari Hock untuk bisnis kue kering Anda.

Dessert box

Kalau Anda cukup aktif di media sosial, pastinya tau bagaimana hits-nya panganan ini, khususnya di kalangan anak muda. Dessert box memang cukup banyak digemari berkat rasanya yang manis dan enak. Selain untuk dikonsumsi, sebagian konsumen juga membeli dessert box sekadar untuk mengisi rasa penasaran terhadap kuliner yang sedang trending di media sosial.

Proses pembuatan dessert box sangatlah mudah. Anda cukup menata berbagai bahan-bahan yang diperlukan dalam box ukuran tertentu. Akan tetapi, umur produk ini tergolong tidak panjang. Oleh sebab itu, Anda perlu menempatkannya di lemari pendingin guna mempertahankan kualitas dan rasanya.

Keripik

Inspirasi jenis makanan untuk dijual online selanjutnya adalah aneka keripik. Mayoritas orang Indonesia sangat menyukai keripik sebagia camilan renyah dan mempunyai rasa kuat. Karena itulah bisnis keripik di Indonesia tidak pernah sepi peminat.

Proses pembuatan keripik pun terbilang cukup mudah. Anda bisa menemukan aneka jenis sumber daya alam untuk menghasilkan kreasi keripik di mana saja. Mulai dari singkong, pisang, hingga kentang. Varian keripik di Indonesia pun beragam.Salah satunya adalah keripik kaca yang tengah hits di media sosial.

Kalau tidak bisa membuat keripik sendiri, jangan khawatir. Anda bisa menjadi agen dengan membeli dalam jumlah besar di distributor tepercaya. Setelah itu, Anda bisa memberi rasa tambahan atau mengemas kembali dengan brand sendiri.

Sambal

Rasanya hampir semua orang Indonesia menyukai sambal. Bahkan tidak sedikit yang memiliki kebiasaan makan dengan sambal. Kecintaan masyarakat terhadap sambal itulah yang membuatnya kini menjadi salah satu inspirasi jenis makanan terbaik untuk jualan online.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner sambal khasnya masing-masing. Anda bisa coba membuat sendiri sambal khas daerah asal Anda. Boleh pula dikreasikan dengan membuat tingkat kepedasan tertentu, dari yang terendah hingga tertinggi. Jangan lupa untuk terus berinovasi dengan rasa rambal yang dibuat guna memberi cita rasa khas pada produk Anda.

Berkat kepopulerannya, bisnis aneka sambal kini bisa dilakukan secara online. Anda dapat memanfaatkan media sosial, marketplace, atau layanan pesan antar makanan seperti GoFood dan GrabFood. Saking populernya, beberapa wirausaha bahkan bisa menjual produk sambalnya sampai ke luar negeri, lho. Menarik bukan?

Salad buah

Inspirasi jenis makanan untuk dijual online lainnya adalah salad buah. Tidak melulu panganan pedas dan gurih, makanan manis seperti salad buah juga banyak digemari oleh konsumen tanah air. Apalagi mengingat Indonesia merupakan negara tropis sehingga camilan sehat dan menyegarkan ini jadi makin disukai.

Cara membuat salad buah tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan potongan buah-buahan segar dengan campuan bahan lain, seperti jelly. Kemudian siram dengan saus salad yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam. Supaya kualitas dan rasanya tetap terjaga, sebaiknya Anda menyimpan salad buah ini di dalam lemari pendingin.

Rice bowl

Kalau Anda menargetkan pekerja kantoran atau anak sekolahan yang sibuk, bisnis kuliner rice bowl adalah pilihan tepat. Ketimbang lunck box, rice bowl tergolong lebih praktis dan sederhana. Biasanya makanan ini dikemas dalam paper box atau paper cup kecil dengan ukuran pas satu porsi.

Untul melakukan bisnis ini, penting untuk memberikan penawaran menu yang beragam. Dengan begitu, konsumen jadi memiliki banyak pilihan dan merasa tertarik untuk berlangganan produk makanan Anda. Berbagai pilihan lauk yang bisa jadi isian rice bowl adalah ayam fillet, telur kecap, rendang, hingga beef yakiniku.

Itulah enam inspirasi jenis makanan untuk dijual online. Aneka bisnis tersebut memang cenderung mudah dan bisa dilakukan oleh Anda yang baru ingin mulai berkecimpung di bidang kuliner. Untuk memperluas jangkauan, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood. Tertarik untuk mencoba?