7 Aksesoris Yang Wajib Harus Ada di Dapur

Aksesori dapur menjadi salah satu elemen yang penting yang wajib tersedia di dalam rumah. Pasalnya, dapur merupakan tempat paling sibuk di rumah. Di mana seseorang akan mempersiapkan kebutuhan konsumsi penghuni rumah dari pagi hingga malam hari di dapur tersebut.

Untuk membuat dapur terasa lebih nyaman dan ramah, tak ada salahnya menambahkan beragam aksesoris. Selain menjadikan aktivitas memasak terasa makin nyaman, langkah ini juga membuat dapur tampak lebih cantik. 

Namun, Anda perlu mengetahui apa saja aksesoris yang wajib harus ada di dapur. Kalau asal mendekor, bisa-bisa dapur Anda malah terlihat penuh dan sesak oleh aksesoris yang sebenarnya tidak diperlukan. Lalu, apa saja aksesoris yang harus ada di dapur? Simak penjelasannya dalam artikel ini ya.

Rekomendasi Aksesoris yang wajib harus ada di dapur

Untuk menciptakan suasana masak yang menyenangkan, diperlukan dapur yang dapur yang nyaman. Oleh sebab itu, berikut kami berikan 7 rekomendasi aksesoris yang wajib harus ada di dapur sebagai referensi untuk Anda. 

Toples bening

Aksesoris yang wajib harus ada di dapur pertama adalah stoples bening. Biasanya aksesoris ini digunakan sebagai wadah dari berbagai bumbu dapur, seperti merica, biji pala, garam, gula dan lainnya. Dengan begitu, bumbu-bumbu tersebut akan lebih rapi dan mudah ditemukan. 

Selain sebagai wadah bahan masakan, stoples bening juga bisa dijadikan sebagai bagian dari dekorasi dapur. Caranya Anda bisa membeli stoples bening dengan bentuk dan ukuran tertentu. Anda bisa memvariasikan bentuk dan ukuran itu sesuai selera pribadi. 

Nantinya Anda bisa meletakkan stoples-stoples tersebut pada rak khusus sesuai dengan tingkat dekoratif tertentu. Hasilnya, dapur Anda akan lebih sedap dipandang dan aktivietas memasak terasa makin nyaman.

Laci penyimpanan alat masak

Sebagai tempat menyiapkan berbagai masakan sehari-hari, wajar bila ada banyak peralatan di dapur. Supaya tidak terkesan berantakan, Anda membutuhkan laci untuk menyimpan berbagai peralatan dapur tersebut dengan rapi.

Karena kalau asal ditumpuk dalam satu tempat saja, itu akan membuang waktu Anda saat memasak. Pasalnya, Anda perlu mencari alat masak yang diperlukan satu per satu. Ditambah lagi, tumpukan peralatan tersebut bisa jadi berantakan ketika sedang dicari.

Daripada repot dan membuang waktu, sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dalam laci ‘ajaib’ yang memiliki banyak sekat. Anda bisa mengelompokkan peralatan masak tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, susunannya akan lebih rapi dan mudah ditemukan.

Tempat sampah

Bisa dibilang ini adalah aksesoris paling wajib yang harus tersedia di setiap dapur. Pasalnya, dapur tidak luput dari sampah sisa-sisa makanan yang dapat menimbulkan bebauan tak sedap. Tidak hanya itu, sampah dapur juga berisiko memancing kehadiran hewan seperti tikus dan kecoa.

Oleh sebab itu, model tempat sampah tertutup sangat disarankan. Terutama yang berbahan stainless steel. Untuk ukurannya, disarankan untuk memilih yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil karena sama-sama akan menyulitkan. 

Rak panci dan wajan

Peralatan masak berukuran besar seperti panci dan wajan kerap kali menyulitkan untuk disimpan. Kalau sekadar ditumpuk di dalam lemari, hal ini berisiko membuat permukaan panci dan wajan jadi tergores. 

Nah, rak panci berdiri bisa jadi solusi tepat untuk menyimpan berbagai panci dan wajan yang diperlukan dalam memasak. Biasanya rak itu terbuat dari bahan logam yang membuat bentuknya ramping, namun kuat dan kukuh. Karena sudah dilengkapi rangka khusus, Anda tidak perlu pusing lagi kalau harus menata panci dan wajan di dapur.

Rak piring

Aksesoris yang wajib harus ada di dapur selanjutnya adalah rak piring. Sesuai namanya, fungsi utama dari rak ini adalah untuk menempatkan berbagai peralatan makan, seperti piring, gelas, dan sendok agar lebih rapi dan tidak berceceran setelah dicuci di wastafel.

Penggunaan rak piring ini juga bertujuan sebagai tempat untuk mengeringkan piring dan peralatan makan lain, sebelum dimasukkan ke dalam lemari atau rak tertutup. Untuk mempermudah, biasanya rak piring dipasang berdekatan dengan wastafel.

Gantungan alat dapur

Kalau dapur Anda tidak punya banyak ruang untuk menempatkan peralatan masak, gantungan dapur ini adalah pilihan tepat. Anda cukup memasang gantungan ini di dinding dapur, lalu tempatkan berbagai pealatan masak seperti spatula.

Disarankan untuk memasang gantungan tersebut di dinding dekat kompor. Cara ini akan memudahkan Anda bila harus mengambilnya di tengah-tengah memasak. 

Kompor

Pilihan aksesoris yang wajib harus ada di dapur terakhir adalah kompor. Setiap aktivitas memasak di dapur pastinya membutuhkan kompor, baik itu kompor minyak, kompor gas, hingga kompor tanam.

Hock menghadirkan aneka pilihan kompor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Salah satunya kompor gas Maharani Gold HP-200HG. Kompor gas dua tungku ini menawarkan desain body dengan ukiran batik yang menampilkan kesan klasik nan elegan. Tentunya ini akan membuat dapur Anda tampak menarik.

Tidak hanya itu. Bodinya dibuat dari bahan stainless steel yang membuatnya tahan lama untuk penggunaan jangka panjang. Ditambah dengan desain tatakan kompor yang terbuat dari aluminium tebal sehingga sangat mudah dibersihkan.

Itulah pilihan 7 aksesoris yang wajib harus ada di dapur. Terlepas dari gaya yang Anda terapkan di dapur, Anda tetap bisa memilih aksesoris yang dianggap paling dapat memberi kesan nyaman. Bukan hanya soal penampilan, Anda juga perlu memperhatikan segi fungsionalnya juga. Seperti kompor gas Maharani Gold HP-200HG yang punya desain menarik sekaligus spesifikasi mumpuni untuk fungsi maksimal. Yuk pesan produk peralatan dapur dari Hock sekarang juga!