5 Tips Untuk Memilih Ikan & Daging Yang Segar

Memilih ikan segar merupakan salah satu langkah penting dalam memasak yang tidak boleh diabaikan. Begitu pun dengan memilih daging yang segar. Pasalnya, ikan dan daging yang segar dan berkualitas baik dapat memengaruhi hasil masakan nanti.

Selain dijadikan olahan menu masakan lezat, baik ikan maupun daging sama-sama memiliki kandungan protein yang baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih ikan segar dan daging yang berkualitas untuk memasak. Bagaimana caranya? Yuk simak tips memilihnya sebagai berikut.

Tips memilih ikan dan daging yang segar

Berikut ini adalah beberapa tips memilih ikan segar dan daging berkualitas yang bisa menjadi pedoman bagi Anda.

Perhatikan tempat menjualnya

Langkah pertama dalam memilih ikan segar dan daging berkualitas adalah dari tempat menjualnya. Sebab kebersihan tempat menjual juga dapat memengaruhi kebersihan dan kualitas ikan dan daging yang dijual.

Supaya lebih aman, pilihlah ikan dan daging yang ditempatkan di rak pendingin. Bisa juga memilih daging yang digantung. Sebaiknya Anda menghindari ikan dan daging yang banyak dihinggapi lalat. Karena dikhawatirkan lalat-lalat tersebut sudah bertelur di sela-sela ikan dan daging

Cek tampilan fisiknya

Untuk memilih ikan segar, Anda perlu memperhatikan tampilan fisiknya. Periksalah bagian mata, sisik, dan insang. Ikan yang segar akan memiliki mata yang bening, sisik yang kuat, serta insang berwarna kemerahan. Selain dari itu, berarti ikan yang dijual sudah tidak segar lagi.

Sedangkan untuk memilih daging yang segar dan berkualitas, Anda bisa melihat apakah dagingnya tampak berair atau tidak . Karena ada saja oknum pedagang nakal yang menggelonggong daging dengan air untuk menambah bobot tanpa memperdulikan kualitasnya.

Lihat warnanya

Sebelum membeli ikan dan daging, Anda juga perlu memperhatikan warnanya. Karena warna merupakan pertanda awal untuk mengetahui kualitas ikan dan daging. Dalam memilih ikan segar, pilihlah yang memiliki daing berwarna cerah dan terang. Begitu pun dengan warna kulitnya. Pilih warna yang terlihat mengilap dan tidak kusam. 

Sementara untuk memilih daging yang segar, sebaiknya Anda hindari daging berwarna pucat. Biasanya daging tersebut sudah dipotong terlalu lama atau sering keluar-masuk lemari pembeku. Daging berkualitas baik akan memiliki warna kemerahan sehingga tampak segar

Cium aromanya

Selain warna, aroma juga dapat menjadi penanda untuk mengetahui apakah ikan dan daging tersebut masih segar atau tidak. Memang aroma ikan dan daging umumnya sama. Di mana ikan punya aroma amis, sedangkan daging memiliki aroma khasnya sendiri.

Hindarilah ikan yang memiliki aroma amis yang begitu menyengat. Begitu juga dengan aroma daging yang berbau amis dan anyir. Karena itu menjadi pertanda bahwa ikan dan daging tersebut sudah tidak segar lagi

Periksa teksturnya

Memilih ikan segar dan daging berkualitas bisa dilihat dari teksturnya. Biasanya ikan dan daging yang segar akan terasa kenyal dan lembut, namun tetap padat. Ketika ditekan menggunakan jari, ikan dan daging juga akan kembali ke bentuk semula.

Namun, apabila daging dan ikan tersebut tidak kembali ke posisi semula ketika ditekan, artinya sudah tidak segar lagi. Beberapa bisa mudah hancur, bahkan bila hanya dengan mencubit salah satu bagiannya saja.

Nah, itulah berbagai tips memilih ikan segar dan daging yang berkualitas. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam membuat berbagai masakan. Pastikan juga Anda menggunakan alat masak berkualitas terbaik untuk menghasilkan aneka hidangan lezat pembawa kebahagiaan. Di antaranya menggunakan produk kompor gas dari Hock.

Dengan nyala api biru yang besar dan efisien, olahan ikan dan daging Anda akan matang lebih cepat serta merata. Selain itu, kompor gas Hock juga dapat memperindah interior dapur Anda sehingga akan memberi pengalaman memasak yang aman dan menyenangkan.