5 Tips Memilih Lokasi Franchise Agar Jualan Laris

Memilih lokasi franchise merupakan salah satu langkah utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis waralaba. Mengapa demikian? Penempatan lokasi akan berperan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya usaha Anda.

Dengan memilih lokasi franchise yang strategis, kemungkinan Anda mendapat banyak pembeli akan lebih besar. Sebaliknya, kalau lokasi tersebut sulit untuk dijangkau, bukan tidak mungkin usaha Anda akan sepi pembeli. Ketahuilah kalau tidak sedikit usaha yang akhirnya tidak berkembang dan berujung kegagalan karena memilih lokasi franchise yang tidak tepat.

Lantas, bagaimana cara memilih lokasi franchise yang benar? Artikel ini akan memberikan tips mengenai cara menentukan tempat usaha yang tepat untuk mengurangi risiko kegagalan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tips memilih lokasi franchise yang tepat

Kalau ingin usaha waralaba Anda bisa terus untung dan minim risiko merugi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih lokasi frachise.

Periksa jumlah kepadatan penduduk

Salah satu indikator utama dalam menentukan lokasi berjualan yang tepat adalah jumlah populasi di suatu wilayah. Semakin padat penduduk yang ada di sekitar lokasi, makin ideal pula tempat tersebut dijadikan lokasi usaha Anda. 

Dalam hal ini, Anda juga bisa coba bertanya pada pihak franchisor mengenai jumlah total penduduk atau rumah tangga di wilayah tersebut. Walau mungkin ini bukan merupakan ukuran finalnya. Tetapi setidaknya Anda sudah mendapat gambaran mengenai jumlah populasi di sekitar area tersebut.

Cek kemudahan akses jalan

Jarak tempuh dan kemudahan akses jalan sering kali jadi pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk. Kalau Anda memilih lokasi franchise yang tersembunyi dan sulit dilihat, bisa-bisa konsumen ogah mendatangi usaha Anda.

Sementara kalau akses jalannya mudah maka konsumen tidak akan kesulitan dalam menemukan lokasi franchise. Akan lebih baik kalau Anda memasukkan lokasi tersebut pada Google Maps. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memakai layanan delivery order.

Pilih yang jadi pusat keramaian

Lokasi yang merupakan pusat keramaian selalu jadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Indkator keramaian dari sebuah lokasi dapat menjadi penentu banyaknya pembeli yang mau mendatangi usaha Anda.

Jadi ketika Anda hendak membuka usaha waralaba, pilihlah tempat yang sekiranya menjadi pusat keramaian. Pusat keramaian yang dimaksud bisa seperti rumah sakit, mall, atau pasar yang merupakan area strategis. 

Sesuaikan denga zona lokasi

Memang penting untuk memlih lokasi franchise yang stategis. Namun, Anda tetap perlu mepertimbangkan zona lokasi yang akan jadi area bisnis Anda. Apabila lokasi terebut berada di zona yang sebenarnya tidak memungkinkan untuk transaksi jual beli, sebaiknya jangan pasakan memlih tempat tersebut.

Walaupun mungkin tempat tersebut dikatakan ideal, kalau zonanya ternyata tidak memungkinkan, bisa-bisa transaksi jual beli akan jadi kurang maksimal. Hal ini akan berdampak pada keberlangsungan usaha Anda. Di mana akibat terburuknya adalah mengalami kebangkrutan. Tentu Anda tidak ingin itu sampai terjadi bukan?

Pertimbangkan kepadatan lalu lintas

Bukan hanya jumlah penduduk, padatnya arus lalu lintas juga perlu jadi petimbangan Anda dalam memilih lokasi franchise. Inilah yang kemudian menjadi indikator dalam mengetahui bagaimana perkembana perekonomian di lokasi itu.

Semakin padat lalu lintas kendaraan, potensi membuka usaha franchise di lokasi tersebut jadi makin besar. Cara ini juga akan membuat peluang usaha Anda dilihat oleh orang jadi semain besar. Hal ini bisa menjadi langkah promosi yang efektif untuk bisnis Anda. 

Itulah informasi mengenai tips memilih lokasi franchise agar jualan laris. Penempatan lokasi akan berperan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya usaha Anda. Jadi, pastikan Anda tidak asal dalam memilih tempat usaha.

Selain lokasi, pelayanan juga menjadi hal yang perlu dierhatikan untuk memastikan perkembangan bisnis Anda. Tentunya konsumen menyukai pelayanan yang cepat dan tepat. Supaya lebih efektif, terutama di waktu-waktu sibuk, sebaiknya Anda memakai kompor gas Dwi Mutiara HP-220DM dari Hock. 

Kompor gas dengan Body Mutiara berdesain unik ini dibuat menggunakan teknologi Full Pressed. Alhasil, produk ini kuat menahan beban hingga 175 kg. Cocok untuk Anda yang ingin memasak lebih banyak dalam satu waktu dengan kuali besar. 

Tidak sampai di situ. kompor gas Dwi Mutiara HP-220DM dari Hock juga mampu menghasilkan nyala api biru besar. Masakan Anda pun akan cepat matang dan pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama. Tunggu apa lagi? Yuk pesan produk Hock sekarang untuk perkembangan usaha franchise Anda!