5 Tipe Pisau Yang Wajib Ada di Dapur

Ketika memasak, tidak sedikit orang yang hanya memakai satu tipe pisau saja untuk semua keperluan. Anda mungkin termasuk salah satunya. Padahal sebenarnya, tidak semua pisau cocok untuk mengolah bahan makanan tertentu.

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak tipe pisau yang sering digunakan dalam memasak. Di mana setiap pisau memiliki bentuk berbeda yang menyesuaikan dengan fungsinya. Sebut saja pisau roti, pisau daging, sampai pisau carving. Dengan begitu, kegiatan memotong bahan makanan akan jadi lebih efisien dan mudah.

Nah, supaya tidak salah pakai, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang tipe pisau yang wajib ada di dapur. Apa saja itu? Berikut adalah 5 tipe pisau yang wajib ada di dapur untuk aktivitas memasak lebih profesional.

5 Tipe pisau yang wajib ada di dapur

Sejatinya, pisau dapur terbagi dalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasi di bawah ini.

Chef’s Knife

Tipe pisau yang wajib ada di dapur pertama adalah Chef’s Knife. Meski dinamakan demikian, pisau multiguna ini bisa dipakai oleh siapa saja. Jadi bukan hanya untuk para chef atau koki restoran saja.

Chef’s Knife ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Ciri khas pisau ini terdapat pada bentuknya yang memanjang dengan ujung tajam. Panjangnya berkisar antara 15 cm sampai 30 cm. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan memasak di dapur.

Tipe pisau dapur satu ini punya penggunaan yang sangat fleksibel, baik untuk memotong, mengiris, maupun mencincang. Anda juga dapat memakainya untuk mengkreasikan bahan makanan, seperti daging, buah, dan sayur, menjadi potongan kecil atau bentuk kotak-kotak. Sayangnya Chef’s Knife kurang cocok digunakan untuk memotong tulang.

Slicing knife

Selanjutnya adalah slicing knife. Tipe pisau ini sekilas punya bentuk panjang dan runcing sehingga tampak mirip dengan chef’s knife. Meski begitu, slicing knife memiliki ukuran yang lebih kecil.

Berkat mata pisaunya yang tajam, slicing knife sangat tepat untuk memotong daging dan ikan dalam irisan yang tipis. Misalnya untuk membuat daging asap. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memakai pisau ini untuk memotong buah, sayur, hingga keju. Cocok untuk Anda yang hobi mengkreasikan makanan dalam bentuk dan tampilan yang indah.

Cleaver knife

Tipe pisau yang wajib ada di dapur lainnya ialah cleaver knife. Pisau serba guna ini bisa Anda pakai untuk memotong sekaligus mencincang bahan makanan. Mulai dari sayur, buah, daging, hingga tulang daging. Itulah mengapa banyak chef terkenal kerap memakai cleaver knife dalam aktivitas memasak di dapur.

Karakteristik pisau ini terdapat pada ukurannya yang besar dan lebar. Ditambah dengan gagangnya yang kokoh sehingga membuatnya semakin berat. Anda mungkin sering menemukan penggunaan cleaver knife ini di toko daging yang ada di pasar.

Cleaver Knife adalah pisau yang berfungsi untuk memotong atau mencincang daging. Berbentuk persegi Panjang dan besar, membuat pisau ini juga mampu memotong tulang-tulang hewan yang keras. Gagangnya pun lebih kokoh dibandingkan dengan jenis pisau lainnya. Kamu akan lebih sering melihat pisau ini digunakan oleh penjual daging.

Bread knife

Punya hobi membuat roti di rumah? Nah, tipe pisau ini wajib tersedia di dapur rumah Anda. Sesuai namanya, pisau ini diperuntukkan sebagai alat untuk memotong roti. Seperti chef’s knife dan slicing knife, pisau ini juga punya ukuran yang panjang.

Bedanya, bagian bawah bread knife dibuat dengan bentuk bergerigi, namun tidak begitu tajam. Di mana gerigi-gerigi halus tersebut berfungsi untuk memotong aneka roti, seperti roti tawar, roti manis, baguette, roti sisi, hingga kue dengan rapi, tanpa harus membuatnya hancur.

Tidak hanya roti, bread knife juga bisa dimanfaatkan untuk memotong bahan makanan lain yang sedikit keras, seperti buah dan sayuran. Biasanya pisau roti ini mempunyai panjang berkisar antara 12,5 cm hingga 30 cm.

Boning knife

Tipe pisau yang wajib ada di dapur terakhir adalah boning knife. Ciri khas pisau ini terdapat pada bentuknya yang melengkung serta bagian ujung yang mengecil. Karena itulah tampilannya tampak lebih ramping ketimbang pisau serbaguna lainnya.

Secara harfiah, boning knife dapat diartikan sebagai pisau tulang. Namun, pisau ini justru tidak difungsikan untuk memotong tulang. Melainkan untuk memotong atau memisahkan daging yang menempel pada tulang. 

Itulah 5 tipe pisau yang wajib ada di dapur. Tidak semua bahan makanan bisa cocok dengan satu jenis pisau saja. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis alat pemotong yang disesuaikan dengan fungsinya. Dengan begitu, aktivitas memasak akan jadi lebih efisien dan menyenangkan.

Selesai memasak, pastikan Anda mencuci dan menyimpan pisau di tempat yang mudah dijangkau, seperti dekat wastafel. Dalam hal ini, Kitchen Sink HK-M55PC dari Hock adalah pilihan tepat untuk memberi kenyamanan dan kepraktisan ketika memasak di dapur.

Pasalnya, Kitchen Sink HK-M55PC dari Hock telah dilengkapi dengan tempat pisau bermagnet sehingga mudah dijangkau. Ditambah dengan desain bowl luas disertai finishing halus yang membuat aktivitas memasak di dapur makin efisien dan menyenangkan.  Yuk, beli produk kitchen sink dari Hock sekarang!