5 Cara Ampuh Atasi Wastafel Mampet

Wastafel mampet merupakan masalah yang kerap terjadi di hampir setiap rumah. Umumnya hal ini terjadi karena adanya kotoran atau sisa-sisa makanan yang tidak tersiram sempurna hingga tersangkut di saluran pembuangan. 

Kalau dibiarkan, wastafel bisa dipenuhi air yang sulit untuk mengalir ke saluran pembuangan. Aktivitas mencuci dan memasak di dapur pun akan terganggu. Namun, ukuran saluran pembuangan yang cenderung kecil dan ramping membuat kotoran tersebut sulit untuk dijangkau dengan tangan. 

Untungnya sudah ada berbagai metode yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi wastafel mampet. Mulai dari yang memanfaatkan bahan dapur tradisional hingga bahan kimia. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu repot memanggil tenaga ahli. Berikut adalah 5 cara ampuh atasi wastafel mampet yang bisa Anda terapkan.

Cara ampuh atasi wastafel mampet

Tidak perlu bingung lagi. Masalah wastafel mampet kini bisa diatasi dengan 5 cara ampuh berikut ini. Mari simak penjelasannya hingga akhir artikel ini ya.

Menggunakan plunger atau alat penyedot

Cara ampuh atasi wastafel mampet yang pertama ialah dengan menggunakan plunger atau alat penyedot toilet. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat ini. Biasanya plunger memang sering dipakai untuk mengatasi masalah WC mampet. 

Untuk menggunakan alat ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi wastafel dengan air hingga setengah penuh. Setelah itu, tempatkan bagian karet plunger pada bagian lubang wastafel. Kemudian gerakkan penyedot tersebut naik turun sampai kotorannya terbawa. 

Anda bisa melakukan cara ini selama beberapa kali hingga wastafel sudah benar-benar tidak mampet lagi. Walau mudah, penggunaan plunger terbilang membutuhkan tenaga yang cukup besar. Meski begitu, cara tersebut dijamin ampuh untuk mengatasi masalah wastafel mampet.

Menyiramkan air panas

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi wastafel mampet adalah dengan menyiramkan air panas. Ini bisa dikatakan sebagai solusi paling mudah dan mudah untuk mengatasi masalah saluran pembuangan wastafel yang tersumbat.

Anda cukup menyiapkan air mendidih secukupnya di dalam panci, lalu tuangkan ke bagian saluran wastafel yang tersumbat. Lakukan cara ini berulang kali hingga wastafel tidak lagi tersumbat. 

Akan tetapi, metode ini hanya bisa Anda terapkan apabila wastafel di rumah Anda terbuat dari aluminium. Kalau ada bagian wastafel yang terbuat dari plastik, sebaiknya Anda tidak menerapkan cara ini.

Memanfaatkan cairan cuka

Kalau wastafel di rumah Anda mampet, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cairan cuka. Caranya tidak sulit. Anda cukup menetesan cairan cuka pada lubang saluran pembuangan wastafel. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, kemudian siram dengan air panas. Setelah itu, gunakan plunger untuk menarik kotoran yang tersumbat di dalam saluran pembuangan tersebut.

Cara lainnya, Anda dapat memanfaatkan kombinasi cairan cuka dengan soda kue atau soda api. Caranya dengan menaburkan soda kue secukupnya pada bibir saluran air, lalu teteskan cairan cuka di dalam saluran air secukupnya. 

Jangan lupa menyumbat bagian bibir saluran air supaya cuka dan soda kue bisa bersinergi dengan baik. Setelah didiamkan kurang lebih 5 menit, siram wastafel dengan menggunakan air hangat hingga saluran pembuangannya dirasa sudah kembali lancar

Menaburkan garam

Siapa sangka kalau bumbu dapur seperti garam dapat digunakan untuk mengatasi masalah wastafel mampet akibat tersumbatnya kotoran nakal. Cara mengatasi wastafel mampet dengan memanfaatkan garam ini tidaklah sulit.

Anda cukup mencampurkan beberapa jumput garam dengan soda kue dan aduk hingga tercampur rata. Taburkan campuran tadi di dalam saluran pembuangan wastafel. Setelah itu, tuangkan air mendidih di dalamnya dan diamkan selama 15 menit.

Kalau sudah bereksi, segera tutup bagian atas saluran pembuangan wastafel menggunakan mangkok atau piring. Kalau sudah, tuangkan kembali air panas guna mendorong sisa kotoran agar terdorong ke dalam saluran pembuangan.

Menuangkan minuman bersoda

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Selama ini, minuman bersoda memang dikenal mampu meluruhkan jenis kotoran berkerak dan karat. 

Selain itu, minuman bersoda ternyata juga dapat dipakai untuk mengatasi masalah saluran pembuangan wastafel yang mampet. Bahkan minuman ini diklaim lebih ampuh ketimbang cairan khusus pembersih pipa.

Cara pengaplikasiannya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyediakan 2 liter botol minuman bersoda lalu tuangkan ke dalam saluran pembuangan wastafel yang mampet. Diamkan beberapa saat hingga terdengar suara mendesis dan muncul gelembung. Biasanya rendaman minuman bersoda ini akan bekerja selama 1-2 jam. 

Kalau dirasa sudah tidak mampet lagi, bilas wastafel dengan menyalakan keran air. Nantinya minuman bersoda itu juga akan meluruhkan kotoran dan kerak yang melekat pada saluran pembuangan wastafel.

Itulah 5 cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang bisa Anda terapkan di dapur. Masalah wastafel mampet memang kerap kali merepotkan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dibuang ke saluran pembuangan wastafel. 

Menjawab permasalahan banyak orang tentang wastafel mampet, Hock menghadirkan produk kitchen sink yang didesain khusus untuk memberi kenyamanan dan kepraktisan. Salah satunya adalah Kitchen Sink HK-M55MC.

Produk Kitchen Sink HK-M55MC ini dilengkapi dengan basket filter yang dirancang agar dapat dikeluarkan dari avur dengan mudah. Alhasil, pembersihan sisa makanan yang tersisa di bawah bak setelah mencuci pun jadi lebih gampang dan wastafel tidak mudah mampet. Yuk, beli produk kitchen sink dari Hock sekarang!