5 Bahan Sehari-hari Yang Ampuh Bersihkan Alat Dapur

Membersihkan alat dapur setelah digunakan memang perkara yang gampang-gampang susah. Pasalnya ada saja noda dan sisa makanan membandel yang sulit dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa. Butuh waktu dan tenaga ekstra untuk membersihkan semua noda tersebut hingga kinclong lagi.
Kalau sembarangan memakai pembersih berbahan kimia kuat, hal ini berisiko membahayakan kesehatan Anda. Untungnya ada beberapa bahan alami sehari-hari yang ampuh untuk membersihkan alat dapur dari noda membandel.
Lalu, apa saja bahan alami sehari-hari yang bisa membantu membersihkan alat dapur dengan mudah? Kali ini kami akan membahas tentang beberapa bahan sehari-hari yang ampuh bersihkan alat dapur. Mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Bahan sehari-hari yang ampuh bersihkan alat dapur

Membersihkan alat dapur sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun kalau nodanya terlalu membandel atau berkerak, tentunya perlu usaha ekstra untuk membersihkannya. Berikut adalah beberapa bahan alami sehari-hari yagn ampuh untuk bersihkan alat dapur.

Kopi

Anda penggemar minuman kopi? Kalau iya, jangan buru-buru membuang ampasnya setelah minum kopi. Karena ternyata ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan berkerak pada alat dapur.

Caranya dengan ambil ampas kopi seperlunya, lalu lumuri ampas tersebut pada spons. Setelah itu, gosokkan spons yang sudah dilumuri ampas kopi pada alat dapur yang ingin dibersihkan. Nantinya tekstur kasar dari ampas kopi akan membuat proses bersih-bersih jadi lebih mudah.

Garam

Siapa sangka kalau bahan sehari-hari seperti garam juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan alat dapur. Rasanya hampir semua masakan memakai garam sebagai salah satu bahan pembuatnya. Ditambah lagi bahan dapur ini sangat mudah ditemukan.

Untuk membersihkan permukaan alat dapur yang berminyak atau menghitam, Anda bisa menaburkan garam pada bagian yang bermasalah tersebut. Kemudian diamkan selama

kurang lebih 15 menit, lalu lap hingga tidak ada garam tersisa. Setelah itu bilas dengan air dan sabun hingga bersih.

Cuka

Permasalahan yang sering terjadi pada alat dapur adalah munculnya noda membandel hingga berkerak. Kalau sudah sampai seperti itu, perlu usaha ekstra untuk membersihkannya. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan cuka.

Caranya dengan mencampurkan 230 ml cuka putih dengan satu sendok garam. Aduk hingga merata kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tampak mengental atau menjadi pasta.

Kalau sudah, oleskan pasta cuka itu di bagian alat dapur yang terkena noda membandel atau berkerak. Diamkan selama 15 menit sampai 1 jam, tergantung pada banyaknya noda dan kerak yang menempel. Setelah noda dan kerak melunak, bilas alat dapur dengan air hangat hingga bersih. Selanjutnya keringkan dengan kain lembut.

Lemon

Alat dapur seperti panci dan wajan cenderung terkena noda hitam di bagian bawahnya. Hal ini karena bagian tersebut paling sering terkena api ketika sedang memasak. Walau tampak sulit, sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan bagian tersebut. Anda hanya memerlukan lemon dan garam. 

Pertama-tama bubuhkan garam pada bagian bawah wajan atau panci yang menghitam secara merata. Selanjutnya gosok bagian yang telah ditaburi garam dengan lemon yang telah diiris. Begitu noda hitam meluruh, segera bilas dengan air hingga bersih.

Kulit apel

Biasanya apel sering dimanfaatkan sebagai bahan memasak atau langsung dimakan begitu saja. Tetapi kulit apel ternyata juga bisa dipakai untuk membersihkan alat dapur agar kembali kinclong. Hal ini berkat kandungan zat asam pada buah apel sehingga ampuh untuk bersihkan alat dapur.

Anda hanya perlu merebus kulit apel dan air di dalam panci yang kotor selama 20-30 menit menggunakan api kecil. Begitu noda dan kotorannya terangkat, buang air rebusan apel tadi. Kemudian bilas bagian dalam panci dengan air hingga bersih, lalu keringkan.
Demikian informasi mengenai bahan sehari-hari yang ampuh bersihkan alat dapur. Siapa sangka kalau bahan-bahan yang selama ini dipakai untuk memasak juga bisa dipakai untuk membersihkan alat dapur yang kotor dan berkerak. Penggunaan bahan-bahan alami pun lebih aman daripada cairan pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Kalau Anda tidak punya banyak waktu untuk membersihkan alat dapur, kompor gas Elegant Silver HP-200EV dari Hock adalah pilihan tepat. Karena produk ini dilengkapi dengan lapisan powder coating yang anti noda. Selain itu, tatakan 5 kaki dari kompor gas Hock ini juga sangat mudah dibersihkan karena dibuat dari bahan aluminium. Mari dapatkan pengalaman memasak yang lebih mudah dan menyenangkan bersama kompor gas Elegant Silver HP-200EV dari Hock.