3 Tips Merawat Oven Aluminium Hock Agar Awet

Merawat oven aluminium merupakan salah satu hal yang wajib Anda perhatikan, terutama bagi yang memiliki hobi memasak. Penggunaan oven aluminium seperti Oven Putaran Hawa 03 dan Oven Putaran Hawa 04 dari Hock adalah pilihan tepat untuk membuat proses memasak Anda jadi lebih cepat dan mudah. 

Nah, supaya oven aluminium bisa dipakai dalam jangka panjang, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Apabila tidak dirawat dengan baik, oven akan mudah rusak. Dalam kasus ini, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya. 

Ingatlah juga bahwa kondisi oven bisa mempengaruhi hasil panggangan Anda. Jadi, sebisa mungkin pastikan untuk selalu menjaganya dalam kondisi terbaik. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa tips untuk merawat oven aluminium agar lebih awet dan bisa dipakai untuk waktu lama. Simak penjelasannya sampai tuntas ya.

Tips merawat oven aluminium agar awet

Pada dasarnya, merawat oven aluminium bukanlah perkara yang begitu rumit. Anda hanya perlu menerapkan beberapa tips sebagai berikut.

Bersihkan oven aluminium secara rutin

Tips merawat oven aluminium pertama adalah dengan membersihkannya secara rutin. Anda bisa lap dan membersihkan sisa makanan di dalamnya setidaknya sekali seminggu. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pembersihan mendalam pada oven aluminium sekitar dua atau tiga kali setiap tahunnya. Tergantung seberapa sering Anda memasak tiap minggunya.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan dalam membersihkan oven:

  • Lakukan pembersihan setelah oven benar-benar dingin.
  • Jangan lepaskan kenop oven. Karena kenop-kenop ini terhubung langsung pada sistem kontrol oven Anda. Dengan melepasnya, akan merusak kabel oven dan berisiko membuat Anda tersengat listrik. Karena itu, sebaiknya biarkan kenop tersebut pada tempatnya.
  • Keluarkan loyang didalam oven terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian dalam oven aluminium. Cuci loyang tersebut sampai bersih lalu tunggu hingga benar-benar mengering. Setelah itu taruh kembali ke dalam oven seperti sebelumnya.
  • Untuk mengelap bagian dalam oven, gunakan kain basah yang diberi cairan pembersih khusus. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai bahan lain seperti cuka atau baking soda. Bahan-bahan tersebut dapat membuat noda dan kerak di dalam oven jadi lebih lunak. 
  • Setelah itu, lap menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat hingga bersih seluruhnya.
  • Jangan menggunakan bahan kimia yang keras untuk membersihkan oven. Pilihlah cairan pembersih khusus atau bahan alami yang terbukti efektif untuk membersihkannya.
  • Pastikan oven sudah benar-benar dalam kondisi kering sebelum digunakan kembali.

Baca petunjuk membersihkan oven manual dengan seksama

Setiap model oven terkadang memiliki cara perawatannya tersendiri. Karena itulah para produsen biasanya menyertakan buku petunjuk untuk membersihkan oven secara manual pada kotak kemasannya. 

Apabila Anda memutuskan untuk membersihkan oven aluminium sendiri, pastikan untuk membaca buku panduan tersebut sebelum mengerjakannya. Kalau dilakukan secara sembarangan, hal ini malah akan berisiko merusak oven Anda.

Untuk pengguna oven aluminium Hock, bisa menghubungi pusat servis dan mitra bisnis Hock di kota Anda untuk mendapat penanganan dari teknisi resmi. 

 

Bersihkan bagian luar oven

Bukan hanya sisi dalam, merawat oven aluminium juga perlu dilakukan di bagian luarnya. Karena hal ini akan membuat oven aluminium jadi terkesan lebih higienis sekaligus dapat menambah keindahan dapur Anda.

Selain itu, cara ini juga dapat mencegah masuknya debu dan kotoran ke bagian dalam oven. Dengan begitu, oven akan menjadi lebih awet dan bisa dipakai untuk jangka panjang. Cara membersihkan bagian luar oven bisa dilakukan dengan cara mengelap seluruh sisi oven, dari atas hingga bawah menggunakan sabun pembersih atau bahan alami hingga bersih.

Itulah beberapa tips merawat oven aluminium agar lebih awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, oven Anda akan selalu tampak bersih dan siap pakai kapan saja. Aktivitas memasak pun akan terasa makin menyenangkan dan bersemangat.