Yuk Bikin Mie Ramen Ayam Pedas Yang Praktis dan Mudah

menghemat air saat mencuci pakaian
4 Cara Ampuh Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian
November 9, 2017
Solusi Bagi Anda Yang Malas Membersihkan Rumah
Solusi Bagi Anda Yang Malas Membersihkan Rumah
November 9, 2017
Show all
Resep Mie Ramen Ayam Pedas Yang Praktis dan Mudah

Image source : foxandbriar.com

Ramen sangat populer di Jepang. Mie Ramen sebenarnya berasal dari Cina, tapi sudah diubah dan diperbaiki selama bertahun-tahun, dan berevolusi menjadi makanan khas Jepang. Ada jutaan restoran mie ramen ayam pedas di Jepang, mulai dari gerobak ramen pinggir jalan yang buka hingga larut malam, hingga ke toko-toko khusus ramen yang canggih di tengah kota. Orang tidak akan keberatan untuk mengantri berjam-jam selama rasanya lezat.

Ada dua komponen utama dalam ramen yaitu mie dan kuah. Mie yang digunakan adalah mie gandum dengan tekstur sedang dan kenyal. Teksturnya harus tepat karena mie dalam kuah panas akan mengembang dan menjadi terlalu lembut. Saat memasak, kunci utamanya adalah merebus mie dalam air yang dicampur dengan baking soda agar memberi rasa mie ramen yang berbeda.

Bagian lain dari ramen adalah sup atau kuahnya. Secara umum, ada tiga jenis dasar kuah Ramen: Shyoyu (kecap), Miso, dan Shio (garam). Biasanya kaldu ayam atau seafood digunakan sebagai bahan dasar kuah yang kemudian dibumbui dengan kecap, miso, atau garam. Agar lebih menarik, Anda bisa memodifikasi kuah ramen dengan beragam bumbu. Jika Anda ingin bereksperimen, lakukanlah! Sebagai inspirasi Anda dalam memasak ramen, berikut ini resep mie ramen ayam pedas yang praktis dan mudah:

Bahan-bahan membuat mie ramen ayam pedas

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang rumit, tidak biasa, dan sulit supaya mampu mengalahkan cita rasa ramen di restoran terkenal, tetapi resep mie ramen ayam pedas ini sangat sederhana dan mudah untuk dimasak. Berikut bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • 2 dada ayam tanpa tulang
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • 1 sdm mentega
  • 2 sdt minyak wijen atau minyak sayur
  • 2 sdt jahe segar, cincang
  • 3 sdt bawang putih segar, cincang
  • 3 sdm kecap rendah sodium
  • 2 tbsp mirin
  • 4 cangkir kaldu ayam
  • Cabai merah yang dihaluskan sesuai selera
  • Bubuk cabai sesuai selera
  • 1/2 pon baby bok choy
  • 2 butir telur
  • 1/2 cangkir daun bawang, iris
  • 2 bungkus mie ramen instan
  • 1/2 tbsp Baking soda
  • Toge dan irisan daun bawang secukupnya
Bahan bahan membuat mie ramen ayam pedas

Image source : foxandbriar.com

Cara memasak mie ramen ayam pedas

Saat memasak ayam, Anda bisa menggunakan oven listrik, oven portable , atau oven gas. Panaskan oven sampai 375 derajat. Bumbui ayam dengan dengan garam dan merica. Lelehkan mentega dalam teflon dengan api sedang. Goreng ayam sampai kulitnya berwarna keemasan selama 4-5 menit. Kemudian balik ayam dan masak selama 4-5 menit lagi sampai keemasan. Setelah itu pindahkan teflon ke dalam oven dan panggang selama 15-20 menit hingga ayam matang. Angkat dari oven, letakan ayam ke piring dan tutup dengan foil sampai siap disajikan.

Untuk membuat kuah ramen, panaskan minyak dalam panci besar dengan api sedang sampai panas. Tambahkan bawang putih dan jahe, lalu masak selama beberapa menit sampai kecoklatan. Tambahkan kecap, mirin, cabai tumbuk, dan bubuk cabai, lalu aduk hingga rata. Masak sebentar lagi. Tambahkan kaldu ayam, tutup, dan didihkan. Angkat tutupnya, dan biarkan mendidih selama 5 menit, lalu tambahkan jamur kering dan baby bok choy. Didihkan perlahan selama 10 menit, dan bumbui dengan garam, secukupnya.

Kemudian waktunya merebus telur. Isi panci dengan air secukupnya sampai telur terendam seluruhnya, dan didihkan. Dengan perlahan masukan telur ke dalam air mendidih, dan rebus selama 7 menit (kuning telur yang agak berair) atau 8 menit (kuning telur yang lembut dan matang). Selagi menunggu, isi mangkuk besar dengan air es. Ketika telur sudah matang, masukan telur ke mangkuk es untuk menghentikan proses memasak. Tunggu paling tidak 5 menit, atau sampai cukup dingin, kemudian kupas bagian kulitnya secara hati-hati dan potong menjadi dua. Sisihkan sampai siap disajikan.

Membuat Mie Ramen Ayam Pedas

Image source : foxandbriar.com

Bagian terakhir adalah proses merebus mie. Masukan mie ramen ke dalam air mendidih yang sudah ditambahkan sedikit baking soda. Rebus selama 2-3 menit, sampai lembut, lalu bagi mie menjadi dua mangkuk besar. Tambahkan irisan ayam dan kaldu ramen. Sajikan dengan taburan toge, daun bawang segar, dan potongan telur rebus.

(Visited 154 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.