Kenali 5 Pencahar Alami Untuk Menyembuhkan Sembelit Yang Melilit

Resep dan Cara Memasak Tteokbokki Super Pedas
Resep Memasak Tteokbokki Super Pedas Ala Korea Selatan
November 2, 2017
5 Olahan Madu Yang Bikin Ketagihan
5 Macam Olahan Madu Yang Pasti Membuat Anda Ketagihan
November 2, 2017
Show all
Pencahar Alami Atasi Sembelit

Pencahar Alami Atasi Sembelit (Image source : danielalpertmd.com)

Sembelit atau konstipasi terjadi karena kurangnya serat dalam asupan makan sehari hari. Sembelit juga bisa terjadi karena olahraga yang kurang, efek samping penggunaan obat atau masalah lainnya. Untuk mengatasi sembelit yang menimbulkan rasa melilit ini, selain menggunakan beberapa jenis obat pencahar, ada beberapa pencahar alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sembelit. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Minyak Jarak

Image Source : stylecraze.com

Minyak jarak berfungsi untuk menstimulasi usus sekaligus melumasi usus sehingga tinja akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Minyak jarak sudah sejak lama digunakan namun tetap harus menggunakan dosis tidak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami radang usus buntu atau penyumbatan usus dan jangan dikonsumsi saat masa kehamilan.

Minyak yang memiliki warna kuning pucat dan teksturnya yang agak kental ini memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat digunakan sebagai obat pencahar seperti oleat, asam lemak, risinoleat dan juga beberapa jenis asam lain.

Minyak jarak akan mengatasi peradangan yang terjadi pada usus karena sifat anti inflamasi yang terkandung didalamnya.

Pada penggunaan dosis tepat, minyak jarak tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Akan tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan, maka bisa menyebabkan pusing, kram perut, diare, ruam pada kulit, sulit bernapas, rasa tercekik di tenggorokan dan juga nyeri pada dada.

  1. Daun Wungu

Daun ungu (Daun wungu) merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Papua Nugini dan kemudian tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Khasiatnya berupa anti radang atau inflamasi yang sangat baik. Khasiatnya berguna uuntuk mengatasi pembengkakan dan radang akibat buang air besar yang keras. Sedangkan kandungan pectin didalamnya akan melancarkan saluran pencernaan sehingga tekstur tinja yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh menjadi lebih lunak.

Selain itu, dalam daun wungu juga terdapat beberapa zat penting lainnya. Seperti, alkoloid non toksis, saponin, sterod, tanin dan juga glikosod. Kandungan saponin dalam daun wungu ini yang nantinya akan memberikan efek pencahar ringan untuk meredakan sembelit yang menyebabkan perut jadi melilit.

Cara membuat ramuannya juga cukup sederhana. Cukup merebus beberapa lembar daun wungu bersama air sampai mendidih lalu saring dan minum air rebusan ini setelah dingin.

  1. Minyak Zaitun dan Lemon

Kombinasi minyak zaitun dan air jeruk lemon merupakan cara tradisional ampuh untuk mengatasi sembelit.  Kedua bahan ini sudah digunakan sejak lama untuk mengobati sembelit yang melilit tanpa menimbulkan efek samping berbahaya apabila digunakan dengan dosis yang tidak berlebihan.

  • Minyak zaitun akan bekerja sebagai pencahar alami dengan cara melumasi usus supaya makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik.
  • Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun sangat baik. Bermanfaat untuk menguatkan lapisan lendir usus besar sehingga meningkatkan kemampuan usus dalam memproses makanan.
  • Sementara lemon yang tinggi akan serat akan sangat membantu dalam mengatasi susah buang air besar di pagi hari.
  • Lemon yang termasuk jenis buah sitrus dengan rasa asam sangat baik untuk membersihkan organ pencernaan sehingga tinja bisa dikeluarkan lebih mudah.
  • Kandungan flavonoid dalam lemon berguna untuk meningkatkan produksi cairan pencernaan, asam dan juga empedu.

Konsumsi 1 sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan 1 sendok sari perasan jeruk lemon saat pagi hari dan dalam keadaan perut kosong akan melumasi tinja dan melancarkan pencernaan anda.

  1. Lidah Buaya

Dalam tanaman lidah buaya mengandung gel dan juga lateks. Lateks lidah buaya merupakan lendir kuning yang terdapat pada bagian bawah kulit lidah buaya. Sedangkan gel lidah buaya adalah bagian berwarna putih bening berbentuk seperti jeli di bagian dalam lidah buaya atau daging lidah buaya.

Lidah buaya atau aloe vera ini sudah dikenal sejak lama sebagai ramuan alami untuk menenangkan perut. Kandungan lateks dalam lidah buaya ini akan meningkatkan kadar air dalam usus, merangsang sekresi lendir sekaligus meningkatkan peristaltik usus.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi. Baik untuk meningkatkan sistem pencernaan, menormalkan asam badan serta keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi dan juga mendorong bakteri pencernaan serta regulasi pengolahan pada usus.

  • Konsumsi jus lidah buaya ini sebanyak 2 sendok makan pada pagi hari dan juga malam selama beberapa hari.
  • Untuk menghilangkan rasa dari lidah buaya yang sangat tajam, anda bisa tambahkan jus jeruk atau jus buah murni lainnya.
  1. Daun Keji Beling

Image Source : wikimedia.org

Daun keji beling merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sembelit.

Dalam daun keji beling mengandung kalsium karbonat tinggi dan berbagai jenis mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, natrium dan juga ferum serta rendah akan kafein. Ciri khas dari daun keji beling ini adalah bentuknya yang bulat, bercabang, kasar dan berwarna hijau.

Untuk mengatasi sembelit menggunakan daun keji beling caranya adalah dengan merebus 1 genggam daun keji beling segar yang sudah dicuci bersih bersama 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan ini secara teratur sampai masalah sembelit bisa sembuh total.

Demikian ulasan mengenai beberapa obat pencahar alami yang sangat ampuh. Efektif mengatasi sembelit sekaligus meredakan rasa melilit yang terjadi karena radang dari susah buang air besar tersebut. Selalu gunakan dosis yang tepat saat mengkonsumsi pencahar alami ini agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

 

(Visited 173 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.