7 Bahan Ampuh Membersihkan Noda dan Kerak Kompor Gas

5 Desain Bak Cuci Piring
5 Desain Bak Cuci Piring Yang Bikin Dapur Anda Semakin Cantik
November 9, 2017
Tips Hokinda Citralestari Memperbaiki Bak Cuci Piring Bocor
4 Tips Ampuh Memperbaiki Bak Cuci Piring Bocor
November 9, 2017
Show all
Tips Hokinda Citralestari Bahan Pembersih Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : iastate.edu

Salah satu hal paling menyebalkan bagi Anda yang hobi memasak adalah melihat kompor gas dalam keadaan kotor. Selain terlihat jorok, kompor gas yang kotor juga bisa membuat Anda malas untuk memasak. Padahal jika dibiarkan terus menerus maka noda seperti cipratan minyak, remah-remah masakan, dan debu bisa membuat kompor Anda menjadi cepat rusak. Jika Anda ingin merawat kompor secara benar, beberapa bahan berikut mungkin bisa membantu Anda untuk membersihkan noda dan kerak kompor gas:

  1. Menggunakan air panas

Gunakan Air Panas Sebagai Pembersih Noda dan Kerak pada Kompor Gas

Image source : naturalthrifty.com

Jika Anda kesulitan membersihkan kerak pada kompor, terutama pada bagian besi, maka Anda bisa menggunakan air panas. Lepas semua bagian kompor seperti selang, cover penutup, tatakan kompor, ring, dan kerangka. Kemudian letakan semuanya dalam ember besar dan rendam dengan air panas selama 15 menit. Setelah itu kerak dan noda yang menempel akan mudah untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan busa untuk membersihkan kerak tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa tungku api jangan di rendam dalam air, karena air bisa masuk kedalam lubang kecil tungku sehingga sulit dikeringkan dan api tidak akan bisa menyala.

  1. Larutan Sabun Cuci Piring

Gunakan Larutan Sabun Cuci Piring Untuk Membersihkan Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : angieslist.com

Larutan sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk membersihkan kompor gas. Rendam komponen kompor gas, kecuali tungku api, ke dalam larutan sabun cuci piring hingga minyak, kerak, dan noda lainnya terkelupas. Kemudian bersihkan menggunakan sikat atau busa cuci piring. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lap menggunakan kain kering. Biarkan komponen tersebut kering sembari membersihkan komponen lainnya.

  1. Pembersih khusus dapur berupa krim

Gunakan Krim Pembersih Khusus untuk Membersihkan Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : thespruce.com

Bagian kompor gas yang paling sulit dibersihkan adalah tungku api karena tidak bisa dibersihkan menggunakan air. Solusinya Anda bisa menggunakan pembersih khusus dapur berupa krim untuk membersihkan noda dan kerak kompor gas. Caranya adalah dengan mengoleskan krim pada tungku api, kemudian gosok menggunakan lap atau sikat gigi. Jika menggunakan krim, Anda tidak perlu membilasnya dengan air.

  1. Pembersih khusus dapur berupa cairan

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Menghilangkan Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : honestmaids.co

Selain menggunakan larutan sabun cuci piring, ada juga pembersih khusus dapur berupa cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan bagian permukaan kompor. Karena bentuknya berupa semprotan, Anda cukup menyemprotkannya pada bagian permukaan. Kemudian lap menggunakan kain atau kanebo hingga noda pada kompor hilang. Pastikan bahwa permukaan kompor sudah Anda seka hingga bersih karena pembersih khusus dapur berupa cairan juga berfungsi membuat permukaan kompor Anda menjadi kinclong.

  1. Larutan baking soda

Gunakan Larutan Baking Soda Sebagai Pembersih Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : auntnubbyskitchen.blogspot.co.id

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan noda dan kerak kompor gas adalah baking soda. Larutkan 2 sendok baking soda dengan satu liter air. Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan seluruh bagian permukaan kompor gas. Kemudian diamkan selama beberapa menit. Noda minyak dan sisa makanan dijamin akan lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah itu usap dengan permukaan kompor gas menggunakan kain basah dan diamkan hingga kering.

  1. Menggunakan jeruk nipis atau cuka apel

Gunakan Cuka Apel Sebagai Pembersih Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : nbcnews.com

Kandungan asam dalam jeruk nipis dan cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan noda minyak yang membandel pada permukaan kompor gas. Cukup teteskan cuka apel pada bagian permukaan kompor secara merata dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu bersihkan menggunakan lap basah dan keringkan menggunakan lap kering. Jika tidak ada cuka apel, Anda bisa menggunakan jeruk nipis yang dipotong menjadi dua. Kemudian gosok secara merata pada seluruh badan kompor. Seperti yang Anda ketahui, jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran sabun cuci piring atau cuci tangan karena mampu mengangkat noda minyak.

  1. Menggunakan tepung terigu

Gunakan Tepung Terigu Untuk  Membersihkan Noda dan Kerak Kompor Gas

Image source : diynetwork.com

Setelah memasak, biasanya cipratan minyak akan menempel pada permukaan kompor gas di sekitar tungku api. Jika diusap dengan kain basah maka noda minyak akan menyebar keseluruh permukaan kompor. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan tepung terigu. Taburkan tepung terigu secukupnya pada bagian yang terkena noda minyak. Setelah itu bersihkan tepung terigu hingga bersih. Noda minyak dijamin akan hilang tanpa menyebar kemana-mana.

Membersihkan kompor gas sebenarnya mudah jika Anda mengetahui bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak dan noda membandel pada kompor gas. Terutama pada bagian permukaan dan kerangkan kompor gas. Jika Anda merawat kompor gas dengan baik maka daya tahan kompor Anda menjadi lebih awet.

(Visited 1.200 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.