Cara Efektif Membersihkan Dapur Dengan Bahan Alami

Tips Memasang Tangki Air Water Tank Hock Aman Kuat dan Tahan Lama
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Tangki Air
Oktober 5, 2017
Inspirasi Desain Dapur Sesuai Kepribadian
Inspirasi Tema Desain Dapur Yang Sesuai Dengan Kepribadian
Oktober 6, 2017

Bagaimana kebiasaan Anda membersihkan dapur, langsung setelah selesai memasak atau menunda sampai semua urusan sudah selesai? Anda pasti tahu, meskipun sudah rajin dibersihkan biasanya ada saja minyak dan sisa makanan yang menempel di kompor gas atau kompor biosolar, endapan di bak cuci piring, atau kerak bekas memanggang di oven aluminium. Sebagai tempat untuk menyiapkan makanan yang akan disantap keluarga, dapur tentu harus selalu dalam keadaan bersih dan higienis. Tapi kalau dibersihkan dengan bahan kimia, apa Anda tak khawatir malah jadi berbahaya untuk kesehatan? Faktanya, banyak cairan pembersih mengandung bahan kimia yang bisa menimbulkan alergi, asma, atau bahkan kanker. Jadi, sebaiknya Anda mulai membersihkan dapur dengan bahan alami yang aman dan mudah didapatkan. Yuk, kita lihat bagaimana caranya.

Membersihkan Kulkas

Membersihkan Kulkas Dengan Bahan Alami

Membersihkan Kulkas Dengan Bahan Alami

Meski setiap hari selalu dipakai untuk menyimpan makanan dan minuman, sayangnya banyak yang lupa untuk membersihkan kulkas secara rutin. Sebelum mulai dibersihkan, matikan kulkas atau atur suhunya pada setelan yang paling rendah.

Keluarkan semua makanan yang ada di dalam kulkas, lalu buang semua makanan yang sudah kadaluarsa, berubah warna, berbau, atau sudah disimpan lebih dari 3 bulan tanpa tersentuh. Kalau sudah, lepaskan semua raknya untuk dicuci secara terpisah di bak cuci piring.

Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, buat cairan pembersih dengan menggunakan bahan:

  • 2 cangkir air panas
  • 1 cangkir cuka
  • 10 tetes essential oil

Setelah semua bahan dicampurkan di dalam botol, semprotkan ke seluruh bagian dalam kulkas lalu gosok dengan lap hingga bersih. Masukkan semua rak yang tadi sudah dibersihkan di bak cuci piring, atur kembali makanan dengan rapi, lalu nyalakan kembali kulkas.

Membersihkan Oven Aluminium

Membersihkan Oven Aluminium Dengan Bahan Alami

Membersihkan Oven Aluminium Dengan Bahan Alami

Bila sering digunakan tapi jarang dibersihkan, oven aluminium akan berkerak dan beresiko menyimpan bahan berbahaya yang beresiko menimbulkan kanker atau gangguan pernapasan.

Sambil membersihkan dapur, bersihkan juga oven aluminium dengan menggunakan baking soda, scrub besi, serta botol semprotan berisi air. Saat oven aluminium atau oven gas portable dalam keadaan dingin, keluarkan semua raknya, lalu gosok di bak cuci piring dengan menggunakan scrub besi hingga bersih dari kerak. Setelah itu, bersihkan bagian dalam oven aluminium dengan cara:

  • Angkat kerak dan ceceran makanan yang terbakar dengan menggunakan pisau atau spatula.
  • Taburkan bubuk baking soda hingga menutupi bagian dasar oven aluminium atau oven gas portable. Tak usah berhemat, taburkan agak tebal agar sisa kerak yang menempel bisa mudah lepas. Lakukan juga langkah ini pada pintu dan bagian luar oven.
  • Semprot baking soda tadi dengan air hingga lembab, tapi tidak sampai encer atau menetes.
  • Tunggu selama 2-3 jam, lalu kembali semprot dengan air untuk menjaga baking soda tetap basah. Ulangi langkah ini beberapa kali, tergantung dengan ketebalan kerak dalam oven aluminium atau oven gas portable.
  • Dengan spons lembab atau lap basah, perlahan ambil baking soda dan sisa kerak yang tersisa dari dalam oven. Anda tidak perlu menggosok terlalu keras, karena baking soda sudah membuat kerak gampang terlepas.
  • Bersihkan kembali seluruh bagian dalam dan luar oven aluminium hingga kering.

Membersihkan Bak Cuci Piring

Membersihkan Bak Cuci Piring Dengan Bahan Alami

Membersihkan Bak Cuci Piring Dengan Bahan Alami

Untuk membersihkan alat rumah tangga, rak dapur, atau bak cuci piring, buat pembersih serbaguna dengan bahan:

  • 1 cangkir cuka
  • 2 cangkir air
  • 5 tetes essential oil (boleh tidak pakai)

Campur semua bahan tadi dalam botol semprot, semprotkan pada permukaan yang ingin dibersihkan, lalu gosok semuanya hingga bersih.

Membersihkan Lantai Dapur

Membersihkan Lantai Dengan Bahan Alami

Membersihkan Lantai Dengan Bahan Alami

Setelah membersihkan dapur, tentu sayang kalau lantai dibiarkan begitu saja. Agar bersih dari noda dan kotoran sekaligus membasmi kuman yang menempel, Anda bisa menggunakan campuran air panas dan perasan lemon untuk mengepel lantai dapur yang sebelumnya sudah disapu dengan bersih.

Bagaimana, tak sulit kan membersihkan dapur dengan bahan alami yang tidak berbahaya untuk kesehatan? Lakukan secara rutin supaya dapur selalu kinclong dan higienis, ya.

(Visited 112 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.