Bingung Dengan Banyaknya Jenis Minuman Kopi? Coba Simak Ini

Ini 5 Gerakan Olahraga Yang Mudah DIlakukan di Dapur
Ini 5 Gerakan Olahraga Mudah Yang Bisa Dilakukan Di Dapur
September 22, 2017
5 Restoran Michelin Star di Indonesia Yang Wajib Dicoba
5 Restoran Michelin Star di Indonesia Wajib Dicoba
September 24, 2017
Show all
Bingung Dengan Banyaknya Jenis Minuman Kopi?

Berbeda dengan kopi di rumah yang cukup diseduh dengan air yang sudah dipanaskan di atas kompor gas, kopi yang disajikan di kedai dibuat dengan beragam komposisi, teknik, dan bahan yang berbeda. Setiap jenis minuman kopi punya istilah asing sendiri, sehingga orang awam seringkali jadi kebingungan dan akhirnya hanya memesan menu yang sudah terdengar akrab di telinga saja, seperti Cappuccino, Latte, atau Espresso.

Nah, supaya tak bosan dengan sajian kopi yang itu-itu saja, ada baiknya Anda melihat perbedaan jenis minuman kopi berikut sebagai referensi:

  1. Espresso (Short Black)

Jenis Minuman Kopi - Espresso

Image source : capasseo.de

Espresso adalah ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin bertekanan tinggi. Sehingga, minuman kopi ini memiliki tingkat konsentrasi dan rasa yang sangat kuat. Jenis minuman espresso yang rasanya pahit dan bertekstur hitam pekat biasanya disajikan dalam cangkir kopi kecil.

Espresso sendiri adalah bagian terpenting dalam membuat aneka jenis minuman berbasis kopi. Saat ini sudah banyak tersedia espresso instan yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mesin pembuat kopi atau seduhan air yang sebelumnya sudah dijerang di atas kompor gas atau kompor minyak.

  1. Short Macchiato

Jenis Minuman Kopi - Short Macchiato

Image source: lacolombe.com

Diambil dari kata macchiato yang dalam bahasa Italia berarti ditandai dengan bercak, jenis minuman kopi ini memang punya ciri khas sedikit busa yang berasal dari susu diatasnya. Steamed milk atau susu panas memang sengaja ditambahkan untuk melembutkan rasa espresso yang sangat kuat.

  1. Long Black / Americano

Jenis Minuman Kopi - Americano

Image source : allistonnailsalon.com

Sering mendengar istilah Americano di drama atau reality show Korea? Nah, jenis minuman kopi yang disukai aktris Song Ji Hyo ini dibuat dengan menuangkan espresso shot ke dalam cangkir yang 2/3 bagiannya sudah diisi dengan air panas.

Untuk membuatnya sendiri di rumah, takar air sebanyak 2/3 bagian dari cangkir tinggi atau mug yang akan dipakai, lalu jerang di atas kompor gas atau kompor minyak hingga mendidih. Masukkan air panas tadi ke dalam cangkir, lalu tambahkan 30 ml espresso shot.

  1. Ristretto

Jenis Minuman Kopi - Ristretto

Image source: 21partners.com

Untuk penikmat kopi pahit, lain kali Anda bisa mencoba jenis minuman kopi yang hampir mirip espresso ini. Bila biasanya air dialirkan melalui bubuk kopi hingga didapatkan 30 ml espresso, ekstraksi ritstretto akan dihentikan saat sudah mencapai 15 ml.

Teknik pembuatan kopi ini bertujuan untuk mendapatkan rasa kopi yang terbaik. Karena setelah diektraksi sebanyak 15 ml biasanya kadar keasaman, kafein, dan rasa negatif lain biasanya mulai bermunculan.

  1. Cafe Latte – Jenis Minuman Kopi Favorit

Jenis Minuman Kopi - Caffe Latte

Image source: pleinevie.fr

Saat menikmati roti homemade hangat yang baru dikeluarkan dari oven aluminium, jenis minuman kopi satu ini cocok untuk dijadikan teman. Tersohor dengan nama latte, minuman berbasis espresso ini dibuat dengan menambahkan steamed milk dan busa yang sengaja dikreasikan dalam bentuk menarik.

Tambahan susu panas membuat minuman yang juga dikenal dengan nama cafe au lait ini terasa lebih manis dibandingkan espresso biasa. Bila suka, Anda juga bisa menggunakan jenis susu lain seperti susu kedelai atau susu almond.

  1. Cappuccino

Jenis Minuman Kopi - Cappuccino

Image source: misseves.com

Sebagai salah satu jenis minuman kopi yang cocok di lidah semua orang, tak heran kalau Cappuccino mudah sekali ditemukan dalam bentuk instant beraneka merek. Minuman ini hampir mirip dengan latte, tapi diberikan foam yang lebih banyak dengan tambahan taburan bubuk coklat di atasnya.

Orang Italia biasanya menikmati segelas Cappuccino di waktu sarapan, setelah menyantap aneka sajian hangat yang disajikan langsung dari kompor gas. Anda mau ikut mencoba kebiasaan ini?

  1. Flat White

Jenis Minuman kopi - Flat White

Image source: thecoffeekitty.com

Minuman yang mirip Cappuccino ini awalnya hanya bisa ditemukan di Australia atau New Zealand, tapi belakangan mulai populer di seluruh penjuru dunia. Masih menggunakan espresso sebagai dasar minuman, tapi kemudian hanya ditambahkan susu panas tanpa busa yang rasanya lembut.

Baik sendiri atau bersama teman, minuman ini pas sekali untuk dinikmati di sore hari. Diminum dengan sepotong brownies hangat yang baru saja dipanggang di oven aluminium atau oven gas portable, pasti tambah nikmat.

  1. Mocha

Jenis Minuman Kopi - Mocha

Image source: aucafecho.com

Ya, Mocha bukan sekedar perasa yang bisa ditambahkan pada susu murni saat dijerang di atas kompor gas atau ditambahkan pada adonan kue sebelum dipanggang di dalam oven aluminium saja. Mocha adalah jenis minuman kopi yang merupakan campuran antara cappuccino dan coklat hangat.

Biasanya secangkir Mocha dibuat dengan menambahkan coklat bubuk pada espresso, baru ditambahkan susu panas dan busa. Meski tak ada menu, biasanya kedai kopi selalu bisa membuatkan secangkir Mocha sesuai dengan permintaan.

  1. Affogato

Jenis Minuman Kopi - Affogato

Image source: roastmarket.de

Ini adalah salah satu sajian berbasis kopi yang bisa dinikmati sebagai dessert alias makanan penutup. Dalam bahasa Italia, affogato berarti tenggelam. Karena, biasanya dibuat dengan “menenggelamkan” 1 scoop gelato atau es krim rasa vanilla ke dalam secangkir espresso panas.

  1. Frappuccino – Jenis Minuman Kopi Yang Menyegarkan

Jenis Minuman Kopi - Frappuccino

Image source: Youtube.com

Ini adalah jenis minuman kopi bermerek dagang yang dijual oleh gerai kopi ternama, Starbucks. Nama Frappuccino sendiri merupakan gabungan antara frappe dan cappuccino, yang berarti kopi espresso dengan susu buih.

Frappuccino dibuat dengan cara memblender kopi bersama dengan susu, es, dan tambahan perasa seperti karamel, mocha, atau dark chocolate. Biasanya frappuccino juga disajikan dengan tambahan whipped cream di atasnya, sehingga cocok dijadikan teman saat menyantap dessert.

Jadi sudah tahu kan, arti dari setiap istilah asing yang biasa Anda baca di menu kedai kopi? Tak ada salahnya memesan jenis minuman kopi yang beda dari biasa, siapa tahu malah lebih cocok dengan selera Anda.

(Visited 124 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.