6 Peralatan Membuat Kue Yang Wajib Diketahui Pemula!

5 Tempat Membeli Peralatan Membuat Kue di Jakarta
5 Tempat Membeli Peralatan Membuat Kue di Jakarta
September 15, 2017
5 Alasan Untuk mulai mengajak anak memasak sejak kecil
5 Alasan Untuk Mulai Mengajak Anak Memasak Sejak Kecil
September 16, 2017
Show all
6 Peralatan Membuat Kue Yang Wajib Diketahui Pemula

Image source : unspalash.com

Anda yang baru mulai menekuni hobi membuat kue pasti sedang bersemangat mencoba berbagai resep baru. Atau, bisa jadi Anda sekarang sedang mencari info tentang peralatan membuat kue yang wajib dimiliki. Jangan sampai pusing sendiri karena melihat berbagai alat yang nampaknya rumit dan sulit dicari, ya. Sebagai newbie baker, Anda cukup memiliki peralatan membuat kue di bawah ini:

1. Whisk (Pengocok Adonan)

Peralatan Membuat Kue - Whisk

Image source : unsplash.com

Ini adalah salah satu alat wajib yang bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari di supermarket hingga pasar tradisional. Alat ini dipakai untuk mengocok telur, mengaduk saus, dan adonan lain yang bertekstur ringan.

Whisk yang bagus adalah yang memiliki jalinan kawat yang banyak, sebab dengan begitu makin banyak udara yang bisa masuk ke dalam adonan Anda. Whisk yang terbuat dari stainless steel cocok dipakai mengaduk adonan yang agak padat, sementara alat serupa yang dilapisi silikon lebih cocok dipakai untuk adonan yang bertekstur liat.

2. Loyang

Peralatan Membuat Kue - Loyang

Peralatan Membuat Kue – Loyang

Ada beberapa jenis loyang di pasaran. Bila Anda lebih sering membuat kue kering, pilihlah loyang yang terbuat dari bahan stainless steel yang tipis. Loyang seperti ini akan menghasilkan panas merata pada adonan kue kering yang biasanya lebih rapuh.

Selain itu, ada juga loyang lentur dan tahan panas yang terbuat dari silikon. Loyang yang tak perlu lagi diolesi margarin sebelum digunakan ini biasanya memiliki warna-warna cerah yang menarik. Terakhir, ada juga loyang yang terbuat dari plastik yang biasanya dipakai untuk mencetak agar-agar atau adonan dingin lain yang tak perlu dipanggang di dalam oven.

3. Oven Aluminium – Peralatan Membuat Kue Andalan

Peralatan Membuat Kue - Oven Aluminium

Peralatan Membuat Kue – Oven Aluminium

Mungkin Anda pernah mendengar omongan “beda oven, beda hasilnya.” Pernyataan ini memang ada benarnya. Sebelum membuat kue, Anda harus mengenali oven yang akan dipakai. Saat ini, ada oven aluminium, oven gas, dan oven listrik. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisa Anda masih awam,, ada baiknya coba dahulu alat ini dengan resep sederhana.

Nah, oven yang sering disarankan bagi para pemula adalah oven aluminium, karena oven ini sangat berguna untuk mengasah perasaan dan kemampuan menakar. Alat yang satu ini memang tidak punya tombol pengatur suhu, dan hanya beberapa jenis saja yang memiliki termometer di dalamnya. Fitur-fitur seperti inilah yang konon bisa melatih kepekaan Anda ketika membuat kue.

4. Sendok dan Gelas Ukur

Peralatan Membuat Kue - Sendok dan Gelas Ukur

Peralatan Membuat Kue – Sendok dan Gelas Ukur

Kedua alat sederhana ini akan menjadi pegangan utama Anda ketika mencoba resep baru. Sebab, ada beberapa resep yang mengharuskan kita memakai bahan dengan jumlah yang sama persis.

Untuk gelas ukur, carilah yang terbuat dari bahan kaca dan tahan panas. Ini akan memudahkan Anda ketika menghangatkan cairan sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Untuk sendok ukur, jangan “tergoda” untuk memakai sendok teh dan sendok makan biasa yang kita pakai sehari-hari, sebab sendok-sendok ini tidak memiliki ukuran yang standar. Selain itu, rangkaian sendok ukur khusus untuk membuat kue memiliki beberapa ukuran, mulai dari ¼ sdt hingga 1 sdm.

5. Timbang

Peralatan Membuat Kue - Timbangan

Peralatan Membuat Kue – Timbangan

Anda bisa menggunakan timbangan manual atau timbangan digital. Yang manual harganya relatif lebih rendah dan secara umum bisa dibilang lebih stabil untuk takaran yang besar. Di sisi lain, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk timbangan digital, tapi alat ini memang lebih berguna ketika anda menimbang bahan dalam jumlah yang sedikit.

6. Mixer

Peralatan Membuat Kue - Mixer

Peralatan Membuat Kue – Mixer

Biasanya jenis yang dipilih oleh para pemula adalah handheld mixer. Jenis mixer yang ini memang mudah dipakai dan relatif lebih terjangkau. Cocok bagi Anda yang baru mulai belajar membuat kue.

Bila Anda sering membuat kue dalam jumlah besar, stand mixer bisa dicoba. Alat ini memiliki tenaga yang lebih besar dan bisa mengaduk berbagai jenis adonan dengan cepat. Harganya pun lebih tinggi.

Nah, itulah alat-alat yang Anda butuhkan untuk mulai membuat kue. Jika Anda hendak membeli peralatan membuat kue, ini ada 5 tempat membeli peralatan kue di Jakarta.

 

(Visited 403 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.